Clinton Bahas Keamanan dan Ekonomi ASEAN

Hillary Clinton tiba di Bali
Sumber :
  • ANTARA/ Ismar Patrizki

VIVAnews – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Clinton, menggelar pertemuan pertamanya pada ASEAN Regional Forum (ARF) di Bali, Jumat, 22 Juli 2011. Pertemuan tersebut memfokuskan pada dua masalah ekonomi dan keamanan.

Yusril Sebut Gugatan 03 Buat Adegium 'Vox Populi Vox Dei' Kehilangan Makna

Pada pertemuan yang diikuti oleh ASEAN dan mitra wicaranya tersebut, Clinton membahas peningkatan kerjasama antara kedua pihak. Kerjasama itu untuk mewujudkan perdamaian, menciptakan stabilitas ekonomi dan politik.

Di bidang politik, perwakilan negara-negara yang hadir memfokuskan perhatian pada perjanjian dan pembebasan kawasan Asia Tenggara dari penggunaan nuklir. Pembebasan senjata nuklir terutama terhadap Korea Utara yang berseteru dengan Korea Selatan.

Tak hanya itu, kehadiran Hillary juga untuk kembali mempertegas implementasi kerjasama antara ASEAN dan AS sesuai kesepakatan pada pertemuan di New York, 2010 lalu. Pada pertemuan tersebut, dicapai kesepakatan kerja sama kedua pihak selama lima tahun ke depan.

Selain beberapa isu di atas, pada pertemuan tersebut, Hillary juga memfokuskan pada beberapa isu lain yang menjadi perhatian internasional. Di antaranya adalah terorisme, peredaran narkotika, perdagangan manusia, pencucian uang, dan beberapa isu sentral lainnya yang menyangkut hubungan antar negara.

Pertemuan itu juga membahas partisipasi AS pada KTT Asia Timur November mendatang, termasuk membahas rekomendasi yang akan diambil oleh para peminpin Negara-negara ASEAN pada pertemuan tersebut. (Laporan: Bobby Andalan | Bali, umi)

Presiden Joko Widodo.

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mau berkomentar namanya disebut-sebut dalam sidang gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024