Obama Akan Hadiri ASEAN Summit di Bali

Lawatan Obama ke Asia: Obama dan SBY
Sumber :
  • AP Photo/Charles Dharapak

VIVAnews – Indonesia kembali menjadi tuan rumah forum ASEAN Summit, pada November 2011 mendatang. Hajatan yang dihadiri para kepala negara itu rencananya juga akan dihadiri Presiden Amerika Serikat Barrack Obama.

Pada pertemuan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat di Nusa Dua, Bali, Sabtu, 24 Juli 2011, Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa menyempatkan diri membahas rencana kedatangan Obama kepada Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton.

Dalam keterangan resminya kepada wartawan, Hillary Clinton tidak dengan jelas menjawab pertanyaan apakah orang nomor satu di Negeri Paman Sam itu akan benar-benar menginjakkan kakinya di Bali atau tidak.

Istri mantan Presiden Bill Clinton itu hanya menjawab secara normatif dan diplomatis. "Sesuai jadwal, November mendatang di Bali akan digelar pertemuan yang akan mempertemukan pertemuan bilateral kedua negara, di mana Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Barack Obama akan bertemu secara langsung."

Menurut Hillary, AS sangat memuji peran Indonesia di kancah politik dunia. Sebab, kata dia, Indonesia berhasil melakukan mediasi masalah sejumlah negara di kawasan ASEAN, utamanya menghentikan pertikaian, pemenuhan dan promosi Hak Asasi Manusia (HAM) dan demokrasi. Misalnya seperti yang terjadi di Kamboja, Thailand, Semenanjung Korea dan konflik di Laut China Selatan.

Sementara menurut Marty Natalegawa, pertemuan yang akan digelar di Nusa Dua itu akan dimanfaatkan oleh Indonesia untuk membahas sejumlah isu penting dan peningkatan kerjasama di sejumlah bidang dengan Amerika Serikat. Kedatangan Obama November mendatang diyakini akan mengintensifkan komunikasi kedua Negara.

Obama sendiri sudah dua kali dijadwalkan akan berkunjung ke Bali. Namun, dua kali dijadwalkan, dua kali itu pula ia gagal menginjakkan kakinya di Pulau Dewata. Dalam kedatangannya terakhir ke Indonesia, Obama hanya melakukan kunjungan kerja di Istana Kepresidenan untuk bertemu Presiden SBY, dan memberikan kuliah umum di Universitas Indonesia.

Laporan Bobby Andalan|Bali

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi
Hwang Sun-hong,

Lawan Timnas Indonesia U-23, Pelatih Korea Khawatir karena Hal Ini

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Korea Selatan U-23 pada laga perempat final Piala Asia U-23 2024. Duel berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat dini hari

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024