Muslim Inggris Waspadai Militan Sayap Kanan

Muslimah di Inggris.
Sumber :
  • Mohammad Sajjad/AP

VIVAnews - Umat Muslim di Inggris hidup diwarnai ketakutan setelah beberapa orang berpaham sayap kanan melakukan penyerangan dan intimidasi ke berbagai mesjid. Saat ini, beberapa di mesjid negara tersebut diberlakukan pengamanan ketat, mencegah aksi militansi sayap kanan.

Menurut laman Associated Press, Minggu, 24 Juli 2011, dalam beberapa minggu terakhir umat muslim Inggris diteror sekelompok orang berpaham kanan. Mohammed Shafiq dari yayasan Ramadhan, salah satu organisasi Muslim terbesar di Inggris, mengatakan kelompok ini bahkan meletakkan sebuah kepala babi di depan mesjid di Oxford.

Beberapa wanita yang mengenakan jilbab dan burqa, ujar Shafiq, juga menjadi sasaran penyerangan mereka. Shafiq mengatakan yayasannya telah memperingatkan polisi akan meningkatnya kekerasan oleh militan sayap kanan.

"Orang-orang was-was dan takut siapa yang akan menjadi target berikutnya. Kami terus memperingatkan masyarakat untuk tetap berhati-hati, keamanan di mesjid juga akan ditambah," kata Shafiq.

Shafiq mengatakan pihaknya telah berbicara dengan aparat keamanan di Manchester, tempat tinggal dua juta Muslim, untuk mengatasi hal ini. Keamanan ditingkatkan, terutama menjelang bulan suci Ramadhan, ketika seluruh umat Muslim Inggris berkumpul di mesjid.

Shafiq mengatakan sejak runtuhnya menara kembar WTC di Amerika pada 11 September 2001, perhatian intelijen dan kepolisian hanya terpusat pada cara penanggulangan militansi Islam. Sementara para ekstremis sayap kanan atau kiri terlupakan. Padahal mereka tidak kalah berbahayanya, bahkan ancaman ini berasal dari dalam.

Benar saja. Pada Jumat pekan lalu, Anders Behring Breivik, seorang fundamentalis Kristen sekaligus ekstremis sayap kanan, mengebom Oslo dan menembaki pemuda di pulau Utoya, Norwegia. Peristiwa tersebut menewaskan 93 orang. Akibat peristiwa ini, agen polisi Eropa akan membuat gugus tugas khusus mengatasi ekstremis nasionalis di negara-negara Skandinavia.

"Kepolisian Inggris mengumpulkan intelijen dan informasi beberapa kelompok ekstremis. Kami menanggapi setiap ancaman ekstremisme domestik dengan sangat serius," kata juru bicara Scotland Yard yang menolak disebutkan namanya.

Eks Sespri Sekjen Ungkap BAP KPK Bocor ke Pejabat Kementan
Pemkot Tangsel rapikan kabel fiber optik yang semrawut

Rapikan Kabel Fiber Optik Semrawut di Tangsel, Ini 5 Titik yang jadi Sorotan Pemkot

Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan turun tangan langsung dalam melakukan imbauan dan penindakan semrawutnya kabel fiber optik.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024