Toko Apple Gadungan di China Ditutup

Toko Apple gadungan di Kunming, China.
Sumber :
  • BirdAbroad.wordpress.com

VIVAnews - Pihak berwenang akhirnya menutup dua dari lima toko Apple gadungan di kota Kunming, China. Keberadaan toko ini terungkap setelah dimuat dalam blog milik seorang wanita bernama alias BirdAbroad.

Dilansir dari laman CNN pada Senin, 25 Juli 2011, dua toko terpaksa ditutup karena pemiliknya tidak memiliki izin dagang. Tiga lainnya tetap dibiarkan buka karena memiliki izin dan menjual produk Apple asli. Toko yang dikunjungi BirdAbroad dalam blognya merupakan salah satu dari tiga toko yang tetap buka.

BirdAbroad menemukan toko Apple gadungan saat sedang berjalan-jalan dengan suaminya. Dalam tulisannya, ia menyebut toko gadungan ini sebagai tiruan yang sangat bagus dan benar-benar mirip aslinya. Saking miripnya, para pegawai toko bahkan meyakini bahwa mereka benar-benar bekerja di perusahaan milik Steve Jobs.

BirdAbroad langsung menyadari toko tersebut gadungan setelah menemukan beberapa detail yang menurutnya janggal. Ia terkejut saat menemukan dua lagi toko gadungan diluar tempat yang dikunjunginya. Aapalagi setelah dicek di situs web Apple, semua tempat itu bukanlah gerai resmi.

Menanggapi tulisan tersebut, pihak berwenang China langsung mengambil tindakan. Mereka melakukan inspeksi ke lima lokasi toko Apple gadungan di Kunming. Pihak Apple Inc. sendiri menolak mengomentari penemuan toko gadungan ini.

BirdAbroad adalah seorang wanita asal AS yang tinggal di Kunming bersama sang suami. Ia tak bersedia mengungkap nama aslinya berserta lokasi persisnya toko-toko gadungan Apple itu berada dengan alasan, "Jika Anda tinggal di China, Anda akan tahu alasannya."

Prabowo Makin 'Gemoy' Kuasai Parlemen Jika PKB dan Nasdem Gabung Koalisi
Salshabilla Adriani

Dituding Jadi Selingkuhan Rizky Nazar, Ini Jawaban Salshabilla Adriani

Salshabilla Adriani menjelaskan, isu itu timbul setelah dirinya bersama sejumlah teman, termasuk Rizky Nazar dan kekasihnya Syifa Hadju, melakukan perjalanan ke Bali.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024