Beruang Mengamuk, 1 Remaja Tewas

Knut, beruang kutub kebun binatang Berlin
Sumber :
  • AP Photo/ Michael Sohn

VIVAnews - Seekor beruang kutub yang kelaparan menerobos masuk sebuah perkemahan pemuda Inggris di daerah glasier Norwegia. Beruang itu mengacak-acak tenda dan menewaskan seorang remaja, sementara empat lainnya terluka.

Dilansir dari laman Daily Mail pada Sabtu 6 Agustus 2011, para remaja Inggris itu tergabung dalam British Schools Exploring Society (BSES), sebuah organisasi petualang untuk pemuda usia 16 hingga 23 tahun.

Mereka sedang mengadakan perjalanan mengenal alam selama lima minggu di kepulauan Svalbard, Norwegia. Perjalanan senilai 4000 poundsterling atau sekitar Rp 56 juta yang seharusnya menyenangkan itu berubah menjadi horor saat seekor beruang kutub yang kelaparan tiba-tiba memasuki perkemahan mereka.

Rupanya, sistem keamanan penolak beruang yang didirikan di sekitar tenda tidak berfungsi sehingga beruang bisa masuk. Horatio Chapple, remaja berusia 16 tahun lulusan sekolah elit Eton, tewas setelah dianiaya beruang.

Patrick Flinders, rekan Chapple yang juga berusia 16 tahun, berhasil meloloskan diri walau harus terluka di bagian kepala dan tangannya. Menurut sang ayah, Flinders sempat menuju hidung beruang lapar itu saking putus asanya.

Dua pemimpin perjalanan, Michael Reid dan Andrew Ruck yang berusia dua puluhan, serta seorang peserta yang berusia 17 tahun, Scott Smith, juga mengalami luka di bagian kepala. Saat ini semua korban luka telah menjalani operasi. Para peserta perjalanan juga dilaporkan mengalami syok berat atas kejadian ini.

Teman-teman mereka yang panik saat serangan terjadi langsung mencari pertolongan dengan menggunakan telepon satelit dan meminta helikopter untuk datang. Saat musim panas, daerah glasier tempat mereka berada memang tidak bisa diakses melalui jalan darat.

"Setelah kami mendapat telepon dari anak-anak ini, kami langsung bergegas menuju lokasi secepat mungkin. Saat kami tiba disana, ternyata kami menemukan banyak sekali yang terluka," kata Lars Erik Alfheim, wakil gubernur Svalbard. Beruang lapar itu akhirnya menemui ajalnya setelah ditembak seorang peserta perjalanan yang berhasil menyelamatkan diri.

Kepulauan Svalbard yang terletak dekat Lingkaran Arktik memang ditinggali sekitar 2.400 hingga 3.000 beruang kutub. Gunung-gunung yang tertutup lapisan es, fjords, dan glasier menjadi daya tarik tersendiri bagi kebanyakan wisatawan.

Peneliti beruang kutub dari Institut Beruang Kutub Norwegia, Magnus Andersen mengatakan, serangan yang terjadi pada Jumat 5 Agustus 2011 ini adalah serangan beruang kutub terparah yang pernah ia lihat jika ditilik dari jumlah korban. Terakhir kali beruang kutub Svalbard beraksi adalah pada tahun 1995, dimana dua orang tewas dalam insiden yang berbeda.

Istri Bintang Emon Positif Narkoba Gegara Hal Ini
Wibowo Prasetyo

Umat Buddha Akan Rayakan Waisak 2568 BE dengan Tema Kesadaran Atas Keberagaman

Peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak 2568 Buddhis Era (BE) yang jatuh pada tanggal 23 Mei 2024 mendatang, mengusung tema penting tentang Kesadaran Keberagaman

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024