Cartagena, Kota Tempat Pelarian Nazaruddin

Peta Kota Cartagena, Kolombia
Sumber :
  • Google Map

VIVAnews - Buron interpol yang juga mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin dibekuk di Cartagena, Kolombia. Kabar penangkapan Nazaruddin disampaikan Menko Polhukam Djoko Suyanto. Djoko mendapat laporan penangkapan Nazaruddin semalam.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

Lalu, mengapa Kolombia menjadi pilihan pelarian tersangka kasus dugaan suap pembangunan Wisma Atlet Sea Games di Palembang, Sumatera Selatan itu? Hanya Nazaruddin yang bisa menjawab.

Tapi yang pasti, kota tempat persembunyian Nazaruddin itu dikenal sebagai kota wisata. Cartagena de Indias, atau yang lebih populer dengan nama Cartagena, adalah kota yang terletak di pesisir utara Kolombia. Kota terbesar kelima di Kolombia ini memperoleh namanya dari kota bernama sama di Spanyol.

Kota ini didirikan pada 1 Juni 1553, saat Kolombia masih berada dalam masa pendudukan oleh Spanyol. Pada masa kolonial, kota ini menjadi sentra politik dan ekonomi penting karena adanya kaum bangsawan serta para wakil raja yang kaya.

Cartagena terkenal sebagai kota wisata di Kolombia. Wisata pantai dan wisata bersejarah menjadi nilai jual ibukota departemen Bolivar, Kolombia ini. Bahkan pada tahun 1984, komplek kota tua dan benteng bersejarah Cartagena terdaftar sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO.

Cartagena berbatasan dengan laut Karibia di sebelah barat. Sementara di sebelah selatan, kota beriklim tropis dengan tingkat kelembaban tinggi ini berbatasan dengan Teluk Karibia yang memiliki dua pintu masuk: Bocachica (mulut kecil) di sebelah selatan, dan Bocagrande (mulut besar) di sebelah utara.

Bocagrande adalah area paling populer di Cartagena dengan banyak hotel, pertokoan, restoran, klab malam, dan galeri seni. Di sisi teluk daerah yang daratannya terbentuk dari reklamasi tanah ini, ada seawalk spektakuler yang menjadi favorit kebanyakan turis.

Di tengah teluk, ada patung Perawan Maria yang dikunjungi kontestan Miss Kolombia setiap pemilihan. Walau terkenal akan peninggalan bersejarah, kota ini tak lantas berkesan kuno. Lampu dari gedung-gedung pencakar langit menyala menerangi langit malam Cartagena, memberi atmosfir perkotaan yang dinamis. (eh)

Habib Aboe Bakar Al HAbsyi di DPP PKB bersama elite PKS dan PKB

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

PKS akan menggelar acara halal bihalal pada Sabtu, lusa, di kantor DPP PKS. Semua paslon capres cawapres diundang, termasuk parpol

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024