London Rusuh, Inggris Aktifkan Komite Cobra

Tempat pertemuan Komite Cobra, Inggris.
Sumber :
  • British Cabinet Office

VIVAnews - Kerusuhan di London, Inggris, yang saat ini menyebar ke berbagai kota-kota di seantero negeri memaksa Perdana Menteri David Cameron membatalkan liburannya dan membentuk komite Cobra.

Dilansir dari laman BBC, Selasa, 9 Agustus 2011, dalam komite yang dihadiri para petinggi keamanan negeri ini, Cameron mengatakan keamanan perlu ditingkatkan dengan menurunkan lebih banyak aparat keamanan. Dilaporkan, sekitar 16.000 aparat diturunkan di London dari sebelumnya hanya 6.000 aparat. Akibat penambahan pasukan ini, ribuan polisi harus rela membatalkan liburan mereka.

Selain itu, pada komite Cobra, Cameron juga memutuskan semua anggota parlemen harus pulang dari liburan mereka pada reses musim panas. Seluruh anggota parlemen akan melakukan rapat darurat terkait upaya meredam kerusuhan dan pemulihan negeri.

Ini bukan kali pertamanya pemerintah membentuk komite Cobra. Sebelumnya, pada perisitwa pengeboman bandara Glasgow 2007 silam, komite Cobra juga dibentuk. Apa sebenarnya komite Cobra tersebut?

Cobra sebetulnya adalah singkatan dari Cabinet Office Briefing Room/COBR (Ruang Rapat Kantor Kabinet), sebuah tempat komite penyelesaian krisis melakukan rapat darurat. Lalu darimana pula huruf A dalam Cobra? Ternyata itu adalah tambahan media Inggris yang melihat kebiasaan pertemuan ini dilakukan di ruang konferensi A di kantor kabinet.

Ruangan pertemuan Cobra adalah ruang segi empat dengan keamanan maksimal yang terletak di jalan Whitehall, London, antara gedung DPR dan alun-alun Trafalgar. Ruangan ini juga terhubung dengan Downing Street, Kantor Commonwealth dan kantor kabinet Inggris.

Di ruangan itu, semua informasi intelijen berupa video dan audio terkait krisis terpampang di beberapa layar lebar. Dalam ruangan ini, perdana menteri dan beberapa orang stafnya putar otak memikirkan bagaimana menyelesaikan permasalahan yang tengah terjadi di negara tersebut.

Awalnya, tidak ada yang pernah tahu bagaimana bentuk ruangan tersebut. Namun akhirnya pada 2010, pemerintah Inggris mengeluarkan satu buah foto Cobra setelah didesak media dengan dasar Undang-undang Kebebasan Mendapatkan Informasi.

Viral! Aksi Tak Terpuji Pengemudi Klakson Iringan Jenazah Babe Cabita, Tuai Kecaman Netizen
YouTuber Palestina, Oday Al Akhras dan Istri

Cerita Pilu Istri dari YouTuber Palestina, Lebaran Malah Jadi Tahanan Kota

Untuk pertama kalinya dalam hidupnya, istri Youtuber tersebut harus menjalani bulan Ramadhan dan Idul Fitri tanpa kebebasan untuk bepergian ke mana pun yang diinginkannya

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024