Dituduh Korupsi, 38 Pejabat Brasil Ditangkap

Ilustrasi korupsi
Sumber :

VIVAnews - Wakil Menteri Pariwisata Brasil ditangkap bersama 37 pejabat kementeriannya akibat tuduhan korupsi. Polisi mengatakan, mereka selama ini diduga telah menggunakan uang rakyat demi kepentingan pribadi.

Dilansir dari laman CNN, Selasa, 9 Agustus 2011, penangkapan Frederico Silva Da Costa dan anak buahnya dilakukan di Brasilia, Sao Paulo dan Macapa oleh sekitar 200 aparat kepolisian. Menteri Pariwisata Brasil, Pedro Novais Lima, telah dipanggil ke istana kepresidenan untuk memberi penjelasan. Kendati kementeriannya tercoreng, Lima memutuskan untuk tetap menjabat.

Jaksa menyatakan, para pelaku telah memberikan kontrak pada perusahaan-perusahaan yang seringkali kurang memenuhi syarat untuk melaksanakan pekerjaan. Kontrak yang tidak layak ini dilakukan demi imbalan sejumlah besar uang. Polisi juga meyakini jutaan dolar untuk sumbangan masyarakat juga dikorupsi oleh para pejabat tersebut.

Dengan penangkapan ini, maka kabinet pemerintahan Presiden Brasil, Dilma Rousseff, sudah kehilangan tiga anggotanya akibat skandal korupsi. Sebelumnya, Menteri Transportasi dan Kepala Staf Kepresidenan Brasil juga tersangkut kasus korupsi, yang menyebabkan mereka berdua mengundurkan diri.

Menteri Pertanian Brazil, Wagner Rossi, juga ditengarai terlibat korupsi setelah beberapa komputer disita dari kantornya pada Senin, 8 Agustus 2011. Kini ia telah diminta untuk tampil menjawab semua tuduhan yang dialamatkan padanya.

Berbagai penangkapan para pejabat negara ini ditengarai sebagai upaya kaum oposisi untuk memulai penyelidikan tindak korupsi yang terjadi dalam pemerintahan Brasil. 

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Negara ini juga tengah mendapatkan sorotan di dalam dan luar negeri atas tertundanya pembangunan infrastruktur untuk Piala Dunia 2014. Infrastruktur tersebut di antaranya adalah bandara, jalan, dan stadion sepakbola yang terdapat di 12 kota.

Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024