Nazar Dipulangkan, Tugas Kemlu Rampung

Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa dan Juru Bicara Michael Tene
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Mantan bendahara Partai Demokrat, M. Nazaruddin, dipulangkan ke tanah air hari ini dan diperkirakan tiba besok di Jakarta. Dipulangkannya Nazar ke Indonesia menandakan berakhirnya tugas Kementerian Luar Negeri dalam kasus ini.

Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri Michael Tene kepada VIVAnews, Jumat, 12 Agustus 2011, dengan diberangkatkannya Nazaruddin dari Bogota ke Jakarta, fungsi kemlu telah selesai. Dia mengatakan bahwa sesampainya Nazar di Jakarta, Nazar akan langsung ditangani oleh instansi penegak hukum.

"Kita (Kemlu) tidak terlibat dalam upaya penegakan hukum. Kita hanya terlibat dalam upaya pemulangan yang bersangkutan," kata Tene.

Tene mengatakan Nazaruddin diterbangkan dari Bogota pada pukul 5 pagi waktu Indonesia menggunakan pesawat sewaan yang diperkirakan seharga Rp4 miliar. Penerbangan dari Bogota akan memakan waktu sekitar 30 jam, termasuk transit untuk mengisi bahan bakar dan suplai makanan.

"Tidak ada pengawalan dari Kemlu," kata Tene.

Pihak Kemlu mengetahui penangkapan Nazar oleh interpol dan polisi Kolombia di kota Catagena pada Minggu malam, 7 Agustus 2011. Duta Besar RI untuk Kolombia, Michael Manufandu, ditugaskan untuk mengawal Nazar selama di Kolombia. Sekembalinya di Indonesia, belum diketahui nasib Nazar selanjutnya, apakah akan diserahkan ke KPK atau Mabes Polri.

Menkes Ungkap Alasan Tingkat Stunting Indonesia Baru Turun 0,1 Persen
Ilustrasi wanita/skincare/kecantikan.

Bingung Pilih Skincare Lokal atau Luar? Begini Saran Dokter

Banyak orang yang makin sadar untuk merawat kulit terutama dengan penggunaan skincare. Tak heran, berbagai merek skincare bermunculan, mulai dari yang diimpor dari luar.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024