Inggris Adili Ribuan Penjarah dan Perusuh

Para perusuh di London, Inggris.
Sumber :

VIVAnews - Pemerintah Inggris menggelar pengadilan terbuka pertama kasus penjarahan dan perusakan pada kerusuhan di London pada Minggu, 14 Agustus 2011. Pada pengadilan tersebut, puluhan kasus disidangkan.

Dilansir dari laman Guardian, pemerintah Inggris sampai perlu membuka dua ruang pengadilan, yaitu pengadilan di Westminster dan Camberwell, karena banyaknya kasus yang akan diadili. Dua pengadilan tersebut mengadili 79 kasus dari pagi hingga malam.

Pengadilan lainnya masih akan menyusul. Kepolisian Scotland Yard mengumumkan bahwa mereka telah menangkap 1.457 orang, termasuk di antaranya adalah 305 remaja berusia di bawah 18 tahun. Sebanyak 810 orang di antaranya telah diajukan dakwaannya.

Pengadilan kemarin dirasa terlalu lama karena banyak penundaan, dokumen yang hilang dan tidak hadirnya terdakwa dan pengacaranya. "Kami hanya diam selama satu setengah jam dan tidak menghasilkan apa-apa di pengadilan," kata seorang hakim, Deborah Wright.

Kendati demikian, beberapa kasus telah diputuskan vonisnya. Salah satunya adalah remaja berusia 15 tahun dari Walthamstow, utara London. Ditemani oleh ayah tirinya, ia mengaku bersalah karena menjarah sebuah speaker mp4 di sebuah toko di Chingford pada pukul satu pagi pekan lalu.

Karena hal ini, remaja yang tidak disebutkan namanya tersebut dikenakan hukuman percobaan selama sembilan bulan. Selama hukumkan ini, tersangka tidak diperbolehkan melakukan pelanggaran hukum, jika tidak akan dipenjara. Hakim Susan Williamson mengatakan bahwa ini adalah kesempatan terakhir remaja tersebut untuk berbuat baik.

Salah seorang tersangka lainnya, Tracy O'Leary, 35, divonis penjara selama 16 minggu karena mengambil barang jarahan yang ditinggal oleh sekelompok orang di semak-semak. Menurut hakim, tindakannya memalukan, sebab Tracy adalah seorang guru untuk anak berkebutuhan khusus di sekolah Beatrice Tate.

Kasus-kasus berat seperti penyerangan polisi dan pembakaran, serta tindakan yang membuat orang lain terbunuh akan disidangkan pada 22 Agustus mendatang. Situasi di London saat ini berangsur-angsung membaik setelah minggu lalu kerusuhan terjadi selama empat hari. Kerusuhan bermula di sebuah distrik di Tottenham saat sekelompok massa protes atas kematian rekan mereka, Mark Duggan, di tangan polisi.

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia
Tangkapan layar anggota KPU RI Idham Holik saat rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat nasional di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat, 15 Maret 2024.

Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

KPU mengeklaim bahwa lembaganya sudah menjalin komunikasi secara pribadi kepada liaison officer atau naradamping pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024