Presiden Pantai Gading Dituduh Jarah Harta

Lauren Gbagbo bersama istrinya saat ditahan
Sumber :
  • AP Photo/Aristide Bodegla

VIVAnews - Mantan Presiden Pantai Gading dan istrinya didakwa terkait kejahatan ekonomi. Rincian kejahatan tersebut berupa penjarahan harta negara, perampokan menggunakan senjata, dan penggelapan uang.

Menurut stasiun berita BBC, 18 Agustus 2011, mantan presiden Laurent Gbagbo dan istrinya, Simone, sudah menjalani tahanan rumah di tempat terpisah sejak mereka ditangkap April lalu.  Sang mantan presiden didakwa pada Kamis lalu, sementara Simone telah diadili dua hari sebelumnya.

Dakwaan ini berkaitan kejahatan dengan yang dilakukan Laurent Gbagbo usai pemilu. Sang mantan presiden menyelewengkan uang negara termasuk jutaan dolar dari bank pusat, untuk membantunya supaya tetap berkuasa.

Dengan dakwaan kejahatan ekonomi, pihak berwenang Pantai Gading telah membuka celah untuk mengajukan Gbagbo ke Mahkamah Kriminal Internasional (ICC). Hakim saat ini sedang mempertimbangkan permintaan hakim ICC untuk membuka penyelidikan atas kekerasan pasca pemilu.

Laurent dan Simone Gbagbo ditangkap pada April 2011 setelah kerusuhan selama lima bulan, yang menyebabkan 3.000 orang tewas. Sambil menunggu diadili, pasangan ini sudah menjalani tahanan rumah di lokasi yang berbeda di utara Pantai Gading. Puluhan orang yang bekerja untuk Gbagbo juga telah ditangkap dan dijatuhi dakwaan.

Lembaga hak asasi manusia telah mengkritisi pemerintah Pantai Gading yang menahan pasangan itu selama berbulan-bulan tanpa didakwa. Presiden Alassane Ouattara telah menegaskan mereka akan tetap diadili.

Kekerasan yang terjadi di Pantai Gading terjadi akibat penolakan Gbagbo menerima kekalahan dalam pemilihan presiden. (umi)

Guru dan IRT Jadi Korban Pinjol Ilegal Terbanyak, OJK: Cek Legalitas dan Logis Sebelum Pinjam
Sistem Tata Surya.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

 NASA telah mengumumkan keberadaan lebih dari 5.000 planet di luar Tata Surya kita, secara tepatnya 5.005 planet, yang sekarang tercatat dalam arsip eksoplanet mereka.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024