Aksi Anti Korupsi India Merambah Dunia Maya

Massa anti korupsi di India mengenakan topeng aktivis Anna Hazare.
Sumber :
  • AP Photo/Ajit Solanki

VIVAnews - Kampanye anti korupsi Anna Hazare juga didengungkan di dunia maya. Berbagai situs sosial media dijadikan tempat menyampaikan aspirasi dan informasi seputar aksi mogok makan yang dilakukan Hazare bersama puluhan pengikutnya.

Dilansir dari laman Times of India, gerakan anti korupsi menggunakan sarana Facebook dan Twitter dalam menyampaikan agendanya. Selain itu, informasi dan agenda juga disampaikan melalui laman Indiaagainstcorruption.org.

Pada akun Facebook yang diikuti oleh puluhan ribu orang tersebut, para pendukung Hazare menyampaikan komentar-komentar mereka seputar aksi mogok makan. Kampanye di Facebook juga menyerukan para pendukungnya untuk menyampaikan pesan anti korupsi beserta agenda aksi kepada sepuluh teman mereka melalu SMS berantai.

Dukungan terbanyak diterima ketika Hazare ditahan polisi pada 16 Agustus lalu. Selang beberapa jam setelah penangkapan, hash tag #isupportannahazare menjadi topik trend di twitter di India. Beberapa pendukung aksi bahkan mengganti foto akun mereka menjadi foto Hazare.

PKS Komitmen Bangun Indonesia bersama NasDem dan PKB hingga Sakaratul Maut

"Kami akan mogok makan sampai kau dibebaskan. Seluruh pemuda India bersama dengan kamu. Siapa bilang Mahatma Gandhi telah meninggal. Dia masih hidup dan dunia mendukung dia," komentar seorang bernama Jashan Joshi dalam akun tersebut.

Hazare juga sempat menggunakan layanan Youtube untuk menyampaikan pesannya. Sesaat setelah penangkapannya, Hazare mengimbau melalui Youtube agar para pendukungnya tidak terpancing dengan para penentang aksi mereka. Dia juga mengatakan bahwa aksi yang digagasnya adalah aksi damai, tanpa menggunakan kekerasan.

"Saudara setanah air, perjuangan demi kebebasan kedua telah dimulai. Saya ditahan. Apakah perjuangan ini akan berhenti? Tentu tidak. Jangan biarkan itu terjadi," kata Hazare di Youtube.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Resmi, PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong Hingga 2024

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan telah sepakat dengan Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong untuk melanjutkan kontrak hingga 2027.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024