Pemimpin Korea Utara Kunjungi Rusia

Kim Jong Il
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-il menyambangi Rusia pada Sabtu, 20 Agustus 2011. Pada kunjungannya kali ini, Kim dilaporkan akan bertemu perdana menteri dan presiden Rusia.

Dilansir dari kantor berita Korea Selatan (Korsel), Yonhap, Kim tiba di stasiun kereta Khasan, Rusia pada pukul 10 pagi waktu setempat. Kedatangannya sempat molor selama dua sampai tiga jam dari jadwal yang telah ditentukan.

"Kami tahu kereta khusus yang membawa Jong-il tiba di stasiun Khasan setelah melalui perbatasan Korut dan terdapat upacara penyambutan sesampainya Jong-il di sana," kata sumber Korsel yang tidak disebutkan namanya.

Menurut Yonhap, Kim akan mengunjungi bendungan Ussuriysk, sekitar 122 kilometer utara Vladivostok, sesampainya di Rusia. Menurut informan Rusia, Kim juga akan bertemu dengan Presiden Rusia Dmitry Medvedev dan Perdana Menteri Vladimir Putin. Ketiganya dilaporkan akan melakukan pertemuan di kota Ulan Ude, kota sebelah timur Siberia, Selasa pekan depan.

Pada kunjungannya kali ini, Kim tidak membawa serta anaknya yang juga merupakan calon penerus kepemimpinannya, Kim Jong-un.

Kunjungan Kim kali ini menyusul krisis kelaparan dan tekanan diplomatik agar korut menghentikan program nuklirnya. Pemerintah Moskow mengatakan pada Jumat, 19 Agustus 2011, telah mengirimkan 50.000 ton gandum ke Korut.

Presiden Medvedev juga menyerukan Kim untuk melakukan kerja sama dengan Rusia membangun jalur pipa gas, rel kereta api dan listrik di sepanjang perbatasan kedua negara.

Beri Selamat ke Prabowo-Gibran, Perindo Sampaikan 4 Sikap
Ilustrasi sosial media

Menyelami Dampak Negatif FOMO pada Pengguna Media Sosial

Fenomena FOMO, yang ditandai oleh perasaan tidak nyaman karena merasa tertinggal dalam hal-hal tertentu, menjadi perhatian dalam diskusi.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024