Khadafi: Saya Akan Bertahan Sampai Akhir

Muammar Khadafi Pemimpin Libya
Sumber :
  • AP Photo/ Ben Curtis

VIVAnews - Pasukan anti-pemerintah Libya mengklaim telah mengepung ibukota Tripoli, benteng pertahanan terakhir pemimpin mereka Muammar Khadafi. Klaim massa yang disebut Khadafi sebagai pemberontak itu diikuti dengan pernyataan Khadafi lewat pesan audio di televisi.

"Saya akan tinggal di Tripoli sampai akhir," kata Khadafi seperti dilansir TV NZ, 22 Agustus 2011. Pernyataan Khadafi itu disampaikan lewat fasilitas audio melalui televisi pemerintah.

Dalam kesempatan itu, Khadafi juga menyerukan kepada para pendukungnya di seluruh negeri untuk membantu membebaskan Tripoli dari massa yang disebut pemberontak. Khadafi terus berupaya melawan pemberontak meski ada laporan perlawanan terakhir itu menewaskan 367 orang dari kedua pihak.

Dalam pesan itu, Khadafi juga khawatir, "Tripoli akan terbakar." Khadafi juga berjanji memberikan senjata kepada para loyalisnya untuk menyerang pemberontak yang telah merangsek Tripoli.

Hal senada ditulis Al Arabiya News, yang melaporkan bahwa Khadafi menolak menyerahkan kekuasaannya. Bahkan, dalam pesan audio itu, Khadafi berjanji akan muncul dan mendeklarasikan kemenangan di Tripoli.

Sementara, tembakan-tembakan perayaan terus berdesing terdengar di Tripoli. Para pemberontak yang mengklaim telah menguasai Tripoli merayakan kemenangan itu. Para pemberontak bahkan sangat yakin, Khadafi akan lengser hanya dalam waktu beberapa jam lagi.

Sebelumnya, Khadafi juga berseru lewat siaran langsung radio. Pemimpin Libya ini menyebut pemberontak sebagai pengkhianat. Khadafi juga menuding NATO yang mendukung pemberontak melakukan tindakan tak etis dengan berusaha menghancurkan Libya dan merusak kehidupan masyarakat Libya.

Sama seperti pidato yang dilakukannya enam hari lalu, Khadafi mencoba menarik warga Libya untuk mendukung pemerintahannya. "Hal hebat yang kalian lakukan, walau ada serangan udara itu kalian tetap berada di Tripoli," ucap Khadafi. "Maju terus dalam barisan, maju terus," kata Khadafi. (sj)

Proyek Kantor Prabowo di IKN Senilai Rp 1,7 Triliun Mulai Dilelang
Qatar vs Timnas Indonesia U-23

Shin Tae-yong Beber Kondisi Pemain Indonesia U-23: Sangat Down!

Pelatih Shin Tae-yong membeberkan kondisi pemain Indonesia U-23 saat ini. Dia mengatakan anak asuhnya sangat down, usai kalah dari Qatar U-23 di Grup A Piala Asia U-23.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024