Pertempuran Pecah di Dekat Kompleks Khadafi

Pemberontak Libya meninggalkan Ras Lanouf, 29 Maret 2011
Sumber :
  • AP Photo/Anja Niedringhaus

VIVAnews - Suara baku tembak senjata antara pasukan pemberontak dengan tentara yang masih loyal dengan rezim Muammar Khadafi terdengar di ibukota Libya, Tripoli, 22 Agustus 2011. Pertempuran kali ini berlangsung di dekat kompleks kediaman Khadafi di distrik Bab Azaziya.

Demikian laporan langsung stasiun berita Al Jazeera. Menurut koresponden mereka, baku tembak dimulai setelah tank-tank Khadafi keluar dari Bab Azaziya pada Senin pagi waktu setempat untuk menghadapi konvoi pemberontak. Para jurnalis asing pun terperangkap di Hotel Rixos.

"Mereka tidak diperbolehkan keluar hotel karena di luar masih dikuasai pasukan Khadafi," kata koresponden Al Jazeera, Zeina Khodr.

Setelah enam bulan baku tembak, pasukan pemberontak di bawah pimpinan Dewan Transisi (TNC) secara mengejutkan berhasil masuk ke Tripoli, yang menjadi basis kekuatan pasukan Khadafi. Kendati demikian, sebagian penduduk Tripoli menyambut gembira masuknya pasukan pemberontak. 

Khadafi sendiri masih belum diketahui keberadaannya. Namun dua putranya, Saif al-Islam dan Mohamed Khadafi, telah ditangkap.

Sementara itu, kepada stasiun berita BBC, juru bicara pemberontak mengakui belum bisa berhasil mengendalikan sepenuhnya situasi di Tripoli. "Pasukan pro Khadafi masih menguasai 15-20 persen Tripoli," ujar dia.

Suami Selingkuh, Tengku Dewi: Tau Diri Aja Udah Mau jadi Bapak Anak 2 Masih Begitu!
Kaba Diawara

Kata Pelatih Guinea Usai Kalahkan Timnas Indonesia U-23 dan Lolos Olimpiade 2024

Timnas Guinea U-23 berhasil lolos ke Olimpiade 2024 usai mengalahkan Timnas Indonesia U-23 dengan skor 1-0. Ini kata pelatih Kaba Diawara

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024