Gempa 7 Skala Richter Guncang Peru

Gempa di Selandia Baru
Sumber :
  • AP Photo/ Mark Baker

VIVAnews - Gempa berkekuatan 7 skala Richter mengguncang bagian utara Peru, yang berdekatan dengan perbatasan Brasil. Belum ada laporan kerusakan atau korban luka akibat peristiwa tersebut.

Dilansir dari kantor berita Associated Press pada Kamis, 25 Agustus 2011, gempa tersebut terjadi 80 kilometer di utara kota Pucallpa. Bangunan berguncang, pohon bergoyang, dan orang-orang berhamburan di jalan. Gempa juga terasa sedikit di kota Lima.

Menurut Institut Geofisika Peru dan Survei Geologi AS, pusat gempa terletak sekitar 550 km bagian timur Lima dan 79 km utara kota Pucallpa, sementara kedalaman gempa sekitar 145 km. Gempa terjadi pada pukul 12.46 waktu setempat.

Seorang juru bicara kepolisian di kota Cruzeiro do Sul, Brasil yang terletak 220 kilometer dari Pucallpa, mengatakan gempa mengguncang sangat keras dan bangunan bergoncang hebat. Sementara menurut seorang pejabat Institut Geofisika Peru, gempa tersebut bagi masyarakat Pucallpa hanya terasa seperti gempa berkekuatan 5 skala Richter karena kedalamannya.

Gempa ternyata juga terasa hingga ke provinsi lain di Peru, seperti Huanuco, Amazonas, San Martin, serta Loreto, seperti dilansir dari laman Xinhua. Untuk mengantisipasi gempa, jalur telepon dan aliran listrik di Pucallpa diputus untuk sementara waktu.

Badan Pertahanan Sipil Peru melaporkan bahwa segera setelah gempa mengguncang, penduduk Pucallpa langsung melakukan tindakan antisipasi. Mereka meninggalkan rumah dan mengungsi ke lokasi yang lebih aman. Belum ada laporan kerusakan maupun korban jiwa.

Peru adalah salah satu negara yang cukup sering diguncang gempa. Gempa paling mematikan pernah mengguncang salah satu negara Hispanik ini pada 15 Agustus 2007. Saat itu, gempa berkekuatan 7,9 skala Richter mengguncang dan menewaskan 596 orang serta memporak-porandakan kota Pisco. (adi)

Shin Tae-yong Populer di Instagram, Raup Cuan Jadi Bintang Iklan
Viral istri lebih mahir parkirkan mobil ketimbang suaminya

13 Tahun Punya Mobil, Suami Ini Andalkan Sang Istri Ketika Kesulitan Parkir di Rumah

Seorang wanita pemilik akun TikTok @titinmukadaroh yang dilihat VIVA Otomotif, Jumat 11 April 2024, dia membagikan momen saat dirinya parkir mobil karena suami tak mahir.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024