Pemerintah India Kabulkan Tuntutan Hazare

Anna Hazare Aktivis Anti Korupsi India
Sumber :
  • AP Photo/Kevin Frayer

VIVAnews - Setelah mogok makan selama 11 hari, pemerintah India akhirnya memenuhi tuntutan Anna Hazare untuk membuat UU anti korupsi Jan Lokpal. Namun sebelum disahkan, UU itu terlebih dahulu akan diperdebatkan di parlemen.

Ekonomi Dunia Bergejolak, BI Buka-bukaan Hasil Stess Test Terbaru Sektor Perbankan

Dilansir dari laman BBC, Jumat 26 Agustus 2011, debat parlemen adalah keinginan utama Hazare.Di hari kesebelasnya mogok makan, Hazare dalam keadaan baik-baik saja walaupun berat badannya turun 6 kilogram.

Pemerintah dilaporkan setuju dengan langkah parlemen yang akan segera mengadakan debat UU anti korupsi yang diajukan Hazare. Dua UU serupa yang diajukan oleh pemerintah dan kelompok masyarakat juga akan ikut didebatkan.

UU Jan Lokpal yang diajukan Hazare memungkinkan didirikannya ombudsman independen khusus untuk memfasilitasi aduan masyarakat terkait korupsi di tubuh pemerintahan. Ombudsman ini juga berwenang menyelidiki politisi dan PNS yang dicurigai terlibat korupsi.

Tidak hanya itu, Hazare juga menuntut disetujuinya tiga proposal lain yang merupakan butir-butir rincian dari UU Jan Lokpal. Proposal tersebut adalah: Birokrasi bawah harus masuk dalam cakupan ombudsman, membawa "tabel warga" dalam penanganan keluhan masyarakat terhadap pemerintah yang terikat waktu, serta membuat ombudsman di negara-negara bagian jadi di bawah badan pengawas anti korupsi federal.

Lelaki 74 tahun ini berharap pemerintah dapat segera mengesahkan UU tersebut di parlemen. Jika demikian, Hazare akan mengakhiri mogok makannya. "Saya akan mengakhiri mogok makan jika telah dicapai suara bulat di antara semua partai. Namun protes saya akan tetap berlanjut" kata Hazare pada para pendukungnya, Kamis 25 Agustus 2011.

4 Kebiasaan Unik Suku Dayak, Dari Telingaan Aruu hingga Panggil Arwah Leluhur
Kantor Wali Nagari Singguliang Lubuak Aluan, Padang Pariaman, disegel warga

Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum dengan Sesama Jenis, Kantor Disegel

Kantor Wali Nagari Singguliang Lubuak Aluang Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman disegel oleh warga setempat, Kades dituduh hubungan sejenis

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024