Khadafi Koleksi Foto Mantan Menlu AS

Tentara pemberontak Libya menjarah album foto, Condolleezza Rice.
Sumber :
  • AP Photo/Sergey Ponomarev

VIVAnews - Massa pemberontak yang menyerbu dan menjarah kediaman Moammar Khadafi di Bab Al-Aziziya menemukan benda mengejutkan, yaitu sebuah album berisi koleksi foto mantan Menteri Luar Negeri AS, Condoleeza Rice. Penemuan ini menguatkan rumor bahwa Khadafi jatuh hati pada menlu wanita kulit hitam pertama di AS ini.

Dilansir dari harian Daily Mail, Jumat, 26 Agustus 2011, sebelumnya Khadafi memang mengisyaratkan kekagumannya yang mendalam terhadap Rice. Dalam sebuah wawancara yang disiarkan stasiun televisi Al Jazeera pada 2007, orang yang kini paling dicari di Libya itu terang-terangan menyatakan rasa sayangnya.

"Saya mendukung wanita kulit hitam Afrika saya yang tersayang," katanya ketika itu. "Saya sangat mengagumi dan saya sangat menyukai caranya bersandar dan memberi arahan untuk para pemimpin Arab.

Leezza, Leezza, Leezza, Saya sangat menyukainya. Saya mengaguminya, dan saya bangga terhadapnya, karena dia adalah wanita kulit hitam keturunan Afrika," lanjut Khadafi.

Di tahun yang sama, Khadafi dan Rice kembali bertemu saat Rice melakukan lawatan bersejarah ke Libya. Lawatan tersebut dimaksudkan untuk menormalkan hubungan AS-Libya setelah berpuluh-puluh tahun AS tidak memiliki kedutaan besar di Tripoli.

Lagi-lagi Khadafi menunjukkan perhatiannya dengan memanggil Rice sebagai Leezza, padahal teman-teman dekat Rice biasanya memanggil wanitu itu dengan nama Condi.

Mazda Hadirkan 2 Mobil Keren di Auto China 2024

Khadafi juga memberi Rice sebuah paket yang ditaksir bernilai US$212 ribu (Rp1,8 miliar) berisi: cincin berlian, kecapi, liontin bergambar Khadafi, serta sebuah manifesto politik yang menjelaskan teori universal ketiga untuk masyarakat demokratis baru.

Rice masih belum mengomentari penemuan album foto dirinya di kediaman Khadafi. Namun juru bicara Departemen Luar Negeri, Victoria Nuland, melontarkan komentar ketus saat dimintai pendapat.

"Saya tidak perlu melihat foto-foto itu," kata Nuland. "Namun saya rasa aneh dan menyeramkan adalah dua kata yang tepat menggambarkan kelakuan Khadafi. Jadi sebenarnya hal ini tidak mengejutkan buat saya. Hal ini sangat aneh dan sangat menyeramkan, jika Anda meminta saya mendeskripsikannya." (ren)

 Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono Putro dan pemain Arema FC Syaeful Anwar.

Arema FC Bakal Rotasi Pemain Saat Lawan PSM Makassar

Arema FC akan menjalani salah satu laga penentu nasib mereka musim depan di Liga 1. Laga melawan PSM Makassar di pekan ke 33

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024