Forbes: Sri Mulyani Wanita Berpengaruh Dunia

Sri Mulyani Indrawati
Sri Mulyani Indrawati
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Nama Sri Mulyani Indrawati untuk ketiga kalinya masuk dalam jajaran wanita paling berpengaruh di dunia versi majalah Forbes. Sebelumnya, ia pernah masuk ke daftar yang sama pada tahun 2008 dan 2009.

Seperti dilansir Forbes, Kamis 24 Agustus 2011, tahun ini wanita yang kini menjabat sebagai Direktur Pelaksana World Bank menduduki peringkat 65. Di tahun 2008, ia menduduki peringkat 23.

"Sri Mulyani meningkatkan cadangan devisa Indonesia menjadi lebih dari 50 miliar dollar AS, memotong utang negara jadi setengahnya, dan menerapkan kebijakan gaji yang lebih tinggi bagi pegawai negeri untuk mencegah mereka menerima suap," tulis Forbes, mengomentari langkah Sri Mulyani yang masih menjadi Menteri Keuangan RI saat itu.

Peringkat Sri Mulyani sempat melorot ke posisi 72 pada daftar yang sama di tahun 2009. Bahkan, setahun kemudian, namanya sempat terlempar dari daftar tersebut.

Nama-nama pebisnis dan politikus wanita paling banyak menghiasi daftar 100 wanita paling berpengaruh versi Forbes tahun ini. Ada juga nama beberapa selebritas wanita yang dinilai memberi kontribusi besar untuk kemanusiaan.

Kanselir Jerman Angela Merkel, Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton, dan Presiden Brasil Dilma Rousseff berturut-turut menduduki posisi tiga teratas daftar 100 wanita paling berpengaruh versi Forbes tahun ini.

Michelle Obama, istri presiden AS Barack Obama menduduki posisi delapan dalam daftar, disusul direktur pelaksana IMF yang baru Christine Lagarde. Penyanyi nyentrik Lady Gaga menduduki posisi 11, mengalahkan pembawa acara Oprah Winfrey yang menduduki peringkat 14.

PM Thailand yang baru terpilih, Yingluck Shinawatra, bertengger di posisi 59. Sementara penulis novel JK Rowling berada empat posisi diatas Sri Mulyani, yakni posisi 61. (eh)