Pemberontak : Bagi Kami Khadafi Telah Selesai

Muammar Khadafi Pemimpin Libya
Sumber :
  • about.com

VIVAnews - Pemberontak Libya terus melakukan penjagaan di jalan utama yang menghubungkan Tunisia-Libya.

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga pasokan bahan bakar dan bahan pangan agar terus mengalir ke Libya. Selain itu, mereka juga masih mencari keberadaan pemimpin Libya, Moammar Khadafi. 

Menteri Informasi di Dewan Transisi,  Mahmoud Shammam mengatakan, pemberontak sudah menguasai sebagian besar jalan. "Kami berharap dapat mengontrol jalan utama ," kata Shammam, seperti yang dilansir AP.

Dia juga menjelaskan, pemberontak telah berhasil menguasai jalanan utama Tunisia-Libya yang dikenal sebagai Ras Ajdir.

Sementara di kota asal Khadafi, di kota Sirte, terus berlangsung upaya negosiasi oleh massa loyalis Khadafi. "Kami tidak ingin pertumpahan darah lagi, dan kami mendapat respon yang sangat baik," ujarnya.

Dia menambahkan, kebuntuan ini dapat segera diselesaikan.

Lebih lanjut Shammam menjelaskan pihaknya terus melakukan perburuan terhadap Khadafi. Meski Khadafi belum tertangkap, hal tersebut tidak menutup kemungkinan pembentukan pemerintahan baru.  "Khadafi bagi kita telah selesai," katanya.

Pihak pemberontak meyakini dapat menangkap Khadafi dan putranya, meski sampai saat ini belum diketahui secara pasti keberadaan Khadafi.  "Dia telah lolos,  berpindah dari tempat satu ke tempat lainnya. Tapi kita ingin mendapatkan Khadafi," kata dia.

Shammam menjelaskan, pihaknya terus mencari keberadaan kedua orang tersebut. " Kami mengikuti dan akan menemukannya, tetapi kami tidak akan menunggu untuk segalanya untuk menemukan  Khadafi dan putranya,".

Sementara itu, dari Tripoli juga dilaporkan, enam mobil sedan lapis baja diketahui telah menyeberangi perbatasan kota Libya barat daya Ghadamis ke Aljazair. 

Iring-iringan sedan mercedez tersebut, diduga  membawa tokoh-tokoh rezim Khadafi dan anak-anaknya. Namun sayangnya pemberontak di daerah tersebut tidak dapat mengejar mobil karena mereka tidak memiliki amunisi atau peralatan yang diperlukan. (eh)

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini
Kegiatan kelompok usaha PT Bumi Resources Tbk.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) mencatatkan pendapatan secara konsolidasian mencapai US$6,57 miliar di sepanjang tahun 2023. Tercatat, bahwa pendapatan BUMI berdasarkan PSAK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024