Topan Irene Mulai Menerjang AS, 8 Tewas

Penduduk New Jersey, AS, mengungsi jelang Topan Irene
Sumber :
  • AP Photo/Mel Evans

VIVAnews - Topan Irene mulai menghantam kawasan Pesisir Timur Amerika Serikat pada Sabtu siang waktu setempat. Jutaan rumah dan kantor gelap-gulita di New Jersey karena kehilangan pasokan listrik. Sementara ini, delapan orang dikabarkan tewas.

Petugas SAR telah memperingatkan para warga yang keras kepala di sepanjang Virginia hingga New England untuk mengungsi. Seruan itu merupakan antisipasi atas bahaya banjir yang bisa menyerang kapan saja begitu topan mengirimkan hujan dengan curah hujan tinggi.

"Jika Anda berada di tempat dan waktu yang salah, topan ini bisa membunuh Anda," kata Walikota New York, Michael Bloomberg, seperti dikutip dari stasiun berita CNN.

Dari delapan korban tewas, lima terdapat di North Carolina sementara dua lainnya ditemukan kehilangan nyawa akibat tertimpa pohon tumbang dan menabrak pohon di tempat terpisah. Sementara itu, satu korban tewas lain adalah seorang peselancar yang tengah menunggangi ombak di Florida.

Topan dengan kecepatan sekitar 128 km/jam itu menghunjam North Carolina dengan hujan bercurah sekitar 356 milimeter.

Meski kekuatan Irene telah sedikit mereda, namun ia siap melanda Virginia, Maryland, Delaware, New York, hingga New England. Tak terhitung jumlah rumah dan kantor yang porak-poranda. Banjir merendam ribuan rumah.

Di North Carolina, listrik di 516 ribu rumah padam. "Sekitar pukul 5 pagi, listrik padam," kata Clayton Gaskill, penyiar sebuah radio kecil di sekitar lokasi.

Di Virginia, lebih dari 600 ribu rumah dan perkantoran tak lagi dialiri listrik. Gubernur Virginia, Bob McDonnell menyatakan keadaan itu mungkin akan berlanjut hingga sepekan ke depan.

Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim
Wilayah kerja migas lepas pantai yang dikelola Medco Energi.

Medco Energi Resmi Divestasi Seluruh Sahamnya di Ophir Vietnam Block 12W B.V

PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi) mengumumkan penyelesaian divestasi seluruh kepemilikan sahamnya di Ophir Vietnam Block 12W B.V. (OVBV).

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024