Topan Irene, Ribuan Penerbangan di AS Batal

Topan Irene ketika melewati wilayah Nassau, Bahama.
Sumber :
  • AP Photo/Lynne Sladk

VIVAnews - Wisatawan di seluruh negeri Amerika Serikat mengalami hari-hari buruk karena ribuan penerbangan dibatalkan pada Sabtu, 27 Agustus 2011, akibat Topan Irene.

Sejumlah maskapai penerbangan membatalkan lebih dari 9.000 penerbangan pada akhir pekan ini dari North Carolina ke Boston. Soalnya, tujuan para pelancong ini adalah juga rute topan Irene yang kini melanda sampai ke pantai timur (East Coast). Pada Sabtu lalu saja terdapat lebih dari 3.900 penerbangan dibatalkan.

Jutaan penumpang akan kembali diterbangkan usai badai mereda, sehingga sejumlah maskapai akan dipenuhi penumpang untuk melayaninya. Maskapai penerbangan terbesar, United Continental Holdings Inc. dan Delta Air Lines Inc. masing-masing telah membatalkan ribuan jadwal penerbangannya.

Semua wilayah bandara New York City ditutup untuk penerbangan yang tiba pada Sabtu siang, begitu pula semua sistem transportasi publik di kota itu ditutup. Kemudian, menjelang malam hari, lima bandara besar juga ditutup.

Bandara Internasional Washington Ronald Reagan, dan Bandara Internasional Dulles Washington keduanya masih dibuka pada Sabtu petang, namun sebagian besar penerbangan telah dibatalkan.

Bandara paling terganggu yaitu Bandara Internasional Newark Liberty dan New York International John F. Kennedy, keduanya telah membatalkan 1.200 penerbangan seperti yang diungkapkan layanan jalur penerbangan FlightAware. Lalu Boston Logan dan Washington Reagan pada urutan berikutnya.

Maskapai penerbangan telah membatalkan puluhan penerbangan pada Senin esok, namun semua maskapai utama di AS mengatakan mereka akan menunggu penilaian atas kerusakan akibat badai sebelum melanjutkan pembatalan. ExpressJet, maskapai yang mengoperasikan penerbangan regional untuk AS dan benua Amerika, telah membatalkan tidak kurang 140 jadwal penerbangan hari Senin esok.

Kemudian, Bandara Internasional Philadelphia telah ditutup total sejak Sabtu pukul 10.30 waktu setempat dan direncanakan akan tetap ditutup setidaknya hingga pukul 16.00 pada Minggu sore ini.

Waktu terjadinya badai dinilai sangat mengganggu karena pada Agustus adalah bulan sibuk untuk perjalanan udara. Badai ini diperkirakan menghantam wilayah timur laut pada Sabtu malam hingga awal Minggu, yang merupakan waktu tersibuk dalam seminggu penerbangan. Lalu, hari minggu adalah waktu ketika banyak wisatawan kembali dari perjalanan, dan para pelaku bisnis mengakhiri perjalanan bisnisnya.

Namun, sejumlah maskapai tak dapat mengatakan berapa jumlah penumpang yang akan terganggu akibat badai ini, hanya saja angkanya kemungkinan akan mencapai jutaan penumpang. Hal itu terjadi karena banyaknya penerbangan, baik domestik maupun internasional yang melewati rute bandara utama di pantai timur.

Kembangkan Produk Urea dan Amonia, Pupuk Indonesia Gandeng BUMN Brunei BFI

Bahkan, penumpang yang tidak melakukan penerbangan di dekat pantai timur pun akan tertunda selama beberapa waktu akibat maskapai penerbangan memperbaiki pesawat dan kru penerbangan kembali tenang pada posisi sebelum badai.

Sementara itu, kota New York mengalami kelumpuhan yang tak pernah terjadi sebelumnya. Sistem transportasi, termasuk sistem kereta bawah tanah terbesar di AS, bus dan rel komuter terganggu. Tidak ada konfirmasi waktu kapan sistem ini dapat berfungsi kembali. Padahal, kereta bawah tanah di kota itu dapat mengangkut rata-rata sekitar lima juta penumpang pada hari kerja.

Layanan kereta api dan bus dialihkan ke rute lain, Greyhound ditangguhkan layanannya antara Richmond, VA, dan Boston untuk akhir pekan. Lalu Amtrak Northeast menghapuskan jadwal hari Sabtu, dan membatalkan semua kereta dari Washington ke Boston pada hari minggu ini.

Amtrak memiliki lima rute utama di seluruh timur laut AS, masing-masing melayani berbagai kota serta layanan daerah di Virginia. Beberapa kereta jarak jauh seperti ke Chicago dan Montereal juga terpengaruh badai ini.

Begitu pula transportasi umum di sekitar New Jersey juga terhenti, seperti kereta api dan penerbangan dengan tujuan bandara New York termasuk Newark Liberty.

Selanjutnya, Pejabat bidang transportasi Maryland menutup Jembatan Chesapeake Bay ketika tiupan angin mencapai delapan mil per jam dan layanan transit ditutup sementara pada Sabtu malam. Jembatan ini menghubungkan Annapolis dan sisi lepas pantai timur Maryland.

Kekuatan badai angin tiba di dekat Jacksonville, NC, pada waktu fajar sekitar pukul 07.30 waktu setempat, sementara pusat badai diperkirakan mencapai radius 500 mil yang melewati Outer Banks North Carolina.

Cakupan luas badai ini melewati pantai timur dari Myrtle Beach, SC, hingga sebelum Cape Cod. kemudian kondisi badai tropis masih lebih baik di Virginia, Maryland dan Delaware meskipun badai terburuk belum datang.

Maskapai penerbangan dalam waktu dekat lalu juga dihantam dengan bencana alam musim dingin lalu, waktu itu mereka membatalkan ribuan penerbangan menjelang adanya sepasang badai salju besar.

Diduga Sindir Chandrika Chika, Jefri Nichol Disenggol Netizen Soal Kasus Narkobanya Sendiri

Badai pada Desember dan Februari lalu menyebabkan lebih dari 10.000 jadwal penerbangan yang dibatalkan selama beberapa hari dan menyebabkan ribuan orang terlantar di bandara.

Maskapai penerbangan telah memotong jumlah penerbangan sejak setahun terakhir sebagai upaya efisiensi, ini akan mengakibatkan jumlah penerbangan pasca badai penuh. Ini menjadikan penumpang kesulitan mendapatkan kursi pada penerbangan usai cuaca membaik.

Sejumlah maskapai meniadakan biaya perubahan tiket bagi sebagian besar wisatawan dari pantai timur yang terkena dampak badai. Beberapa penerbangan mendorong untuk diberlakukannya sanksi US$150 dengan waktu maksimal satu minggu agar penumpang dapat menentukan jadwal penerbangan barunya.

Juru bicara American Airlines, Andrea Huguely, seperti dikutip VIVAnews dari Associated Press, mengatakan maskapai penerbangan itu membatalkan beberapa penerbangan untuk hari Senin.

Pesan Penting Haedar Nashir untuk Prabowo Usai Ditetapkan Presiden Terpilih

Perusahaan penerbangan yang dimiliki oleh AMR Corp, akan melanjutkan penerbangan dengan tujuan North Carolina dan Virginia setelah hari Minggu siang. Dia mengatakan belum jelas waktu penerbangan dengan tujuan dan dari New York akan dibuka kembali.

"Satu hal tentang badai adalah bahwa anda dapat mempersiapkan diri untuk itu dan anda hanya harus menyesuaikan rencana berdasarkan bagaimana perjalanan badai, ini adalah permainan tebak-menebak," kata Andrea Huguely.

Kembaran Yamaha Aerox 155 di Malaysia, Yamaha NVX 155 dapat warna baru

Yamaha Aerox 2024 Makin Sporty dan Elegan dengan Warna Barunya

Yamaha NVX 155 atau yang dikenal sebagai Yamaha Aerox 155 di Indonesia kini mendapatkan pilihan warna baru di Malaysia. Ada 4 warna baru yang diberikan pada skutik ini.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024