Ledakan di Masjid Sunni Irak, 29 Orang Tewas

Petugas medis membawa seorang korban serangan bom di Irak
Sumber :
  • AP Photo/Yahya Ahmed

VIVAnews -- Ledakan bom bunuh diri terjadi di dekat masjid terbesar kaum Sunni Irak, Minggu malam waktu setempat. Akibatnya, 29  orang tewas dan 38 lainnya luka-luka.

Juru bicara militer Irak, Mayor Jenderal Qassim al-moussawi mengatakan serangan di Masjid Um al-Qura itu terjadi saat peribadatan sedang berlangsung.

Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas kejadian ini. Namun, secara umum modus bombunuh diri ini diidentikkan dengan serangan dari kelompok Al Qaeda.

Pejabat intelijen setempat berspekulasi kelompok Al Qaeda sengaja melakukan apapun untuk memantik kekerasan antar kelompok. Namun mereka akhir-akhir ini fokus menyerang fasilitas militer dan pemerintahan di Irak.

Serangan ini menunjukkan keamanan menjelang keluarnya pasukan Amerika Serikat masih rapuh. Selain itu, serangan ini juga menunjukkan para militan inginmemperpanjang kekerasan di Irak.

Moussawi menduga pelaku bom bunuh diri ini dibantu oleh orang dalam masjid. "Pasti ada orang dalam masjid yang membantu pengebom," Moussowi sebagaimana dilansir Associated Press. (sj)

Yamaha Aerox 2024 Makin Sporty dan Elegan dengan Warna Barunya
MIND ID di Pameran Festival PPKL.

Pameran Festival PPKL, MIND ID Paparkan Upaya Jaga Lingkungan

Ada tiga topik utama yang ditampilkan dalam pameran.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024