Tampilkan Kartun Yesus, Iklan Ponsel Dicabut

Iklan Phones 4U yang dikecam karena dinilai melecehkan agama.
Sumber :
  • brandrepublic.com

VIVAnews - Sebuah iklan ponsel yang menampilkan gambar karikatur Yesus dilarang beredar di Inggris. Badan Standar Periklanan Inggris (ASA) menganggap iklan tersebut melecehkan keyakinan umat Kristen.

Dilansir dari laman BBC, Rabu 7 September 2011, iklan perusahaan ponsel Phones 4U ini menampilkan gambar Yesus tersenyum sambil berkedip dan mengacungkan jempol, sementara tangan kanannya menunjuk ke arah depan. Di bawah gambar dipajang tulisan "Keajaiban Terdapat dalam Ponsel Samsung Galaxy Android."

Iklan ini mengundang 98 pengaduan masyarakat yang merasa tersinggung. Pihak Phones 4U mengatakan iklan itu tidak bermaksud melecehkan umat Kristen. Mereka menjelaskan penggambaran Yesus seperti itu untuk menunjukkan citra Kristen yang ceria, positif, dan kontemporer.

Iklan itu dimuat pada 21 April tahun ini, tepat seminggu sebelum Paskah. ASA mencatat bahwa aduan yang masuk mengeluhkan penggunaan Yesus dan Hati Kudus yang dikartunkan untuk promosi ponsel, ditambah fakta bahwa iklan tersebut dimuat pada hari Kamis Putih.

Segera setelah menerima keluhan tersebut, pihak Phones 4U meminta maaf dan menarik iklan tersebut. Mereka juga mengirim permintaan maaf secara pribadi pada setiap pihak yang mengirimkan keluhan.

Dalam permintaan maafnya, Phones 4U menyatakan memahami dan menyesalkan bahwa iklan itu berkembang menjadi semacam ejekan. Pihak ASA menerima permintaan maaf tersebut dan menyayangkan adanya kesan-kesan pelecehan agama dalam sebuah iklan.

South Korea Bans Its Soldiers to Use iPhone
Presiden Soeharto

4 Jenderal yang Berani Menentang Soeharto, Keluarga Dipersulit hingga Dicopot Jabatan

Saat Soeharto menjabat presiden, empat jenderal ini menjadi orang yang menakutkan baginya. Sebab, keempat jenderal ini berani untuk menentang segala kebijakan orde baru.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024