Akhir Pekan, PM Thailand Melawat ASEAN

Perdana Menteri Thailand, Yingluck Shinawatra
Sumber :
  • AP Photo/ Sakchai Lalit

VIVAnews - Perdana Menteri baru Thailand, Yingluck Shinawatra, dijadwalkan menyambangi negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia, mulai akhir pekan ini. Lawatan perkenalan itu akan menjadi lawatan pertama ke luar negeri bagi Yingluck sejak resmi sebagai PM Thailand 5 Agustus lalu.

Menurut harian The Nation, 8 September 2011, Brunei Darussalam akan menjadi negara yang pertama dikunjungi pada Sabtu 10 September 2011. Alasan dipilihnya Brunei adalah karena negara inilah pertama kali memberikan konfirmasi.

"Kami telah menghubungi negara-negara ASEAN memberitahu PM Yingluck akan melawat. Brunei pertama kali mengkonfirmasi dengan mengatakan mereka bisa dikunjungi usai Ramadan," kata seseorang dari pemerintahan Thailand yang tidak disebutkan namanya.

Usai melawat ke Brunei, Yingluck akan mengunjungi Indonesia pada Senin 12 September untuk memperkenalkan dirinya sebagai PM baru. Dilansir dari laman MCOT Net, Yingluck akan membicarakan masalah kerjasama di bidang energi dan perikanan dengan Indonesia.

Kamboja akan menjadi negara ketiga yang dikunjungi Yingluck pada Kamis 15 September. Sedianya ia akan membicarakan masalah sengketa wilayah sekitar kuil Preah Vihear, namun masih belum ada detail lebih lanjut mengenai masalah ini.

Setelah itu, Yingluck akan melawat ke Laos pada 16 September. Kunjungan ini secara tradisional dimaksudkan untuk menghormati Laos yang memiliki kemiripan budaya dan bahasa dengan negeri Gajah Putih.

"PM Yingluck ingin mengunjungi semua negara anggota ASEAN untuk memperkenalkan dirinya dan menunjukkan ketulusan Thailand terhadap para negara tetangga. Lawatan ke tiap negara hanya akan berdurasi sehari saja  tanpa menginap," kata Thitima Chaiseaeng, juru bicara pemerintah Thailand.

UEA dan Indonesia Kolaborasi Kembangkan Pencak Silat dan Bulutangkis
Cawapres sekaligus Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin

Pilpres Berakhir, Cak Imin Sebut Timnas Amin Akan Dibubarkan Besok Pagi di Rumah Anies

Cak Imin menjelaskan bahwa pembubaran Timnas Amin akan dilakukan di rumah Anies Baswedan, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024