Khadafi dan Putranya Kini Buronan Interpol

Moammar Khadafi menjadi buronan Interpol
Sumber :
  • interpol.int

VIVAnews - Muammar Khadafi kini resmi jadi buruan Interpol. Dan dia tak sendiri, karena Interpol juga menetapkan status yang sama untuk putranya, Saif Al-Islam, beserta seorang pemimpin badan intelijen Libya.

Dilansir BBC, Jumat 9 September 2011, Mahkamah Kriminal Internasional juga telah mengeluarkan perintah penahanan bagi mereka. Hingga kini, keberadaan ketiganya masih belum diketahui.

Namun, petugas di kota Agadez, Niger, menyebutkan orang paling dicari di Libya itu saat ini sedang berada di Niger. Khadafi rupanya tiba di Niger dengan konvoi kendaraan bersama para jenderal dan pejabat tinggi lainnya.

Konvoi kendaraan Khadafi dan sekutunya tampak melewati perbatasan Niger selama beberapa hari ini. Beberapa pejabat kepercayaan Khadafi, termasuk Mansour Daw sang kepala keamanan, telah terlebih dahulu tiba di Ibukota Niamey.

Petugas itu juga menyatakan konvoi paling baru terdiri dari setidaknya tiga kendaraan yang membawa belasan orang. Kendaraan berupa truk tersebut diyakini menuju Niamey, dan tampak dikawal petugas keamanan Niger.

Hingga saat ini, belum ada komentar dari pemerintah Niger mengenai pernyataan ini.

Di laman Interpol, tercantum di daftar buron nama Gaddafi dengan nama lengkapnya: Muammar Mohammed Abu Minyar. Gaddafi, atau Khadafi, tertulis lahir di Sirte, Libya, pada 1942. Dia dituduh telah melakukan kejahatan kemanusiaan. Surat perintah penangkapan diterbitkan oleh Pengadilan Pidana Internasional di Den Haag, Belanda. (kd)

Honda BeAT Jadi Incaran Maling bukan karena Tidak Aman
Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menghadiri acara buka puasa bersama Ramadan 2024 yang digelar oleh Presiden RI Joko Widodo, di Istana Negara pada Kamis, (28/3).

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024