Swedia Diancam Teror Bom, Empat Ditahan

Pabrik mobil Volvo di Gothenburg, Swedia
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Polisi Swedia menahan empat orang yang diduga menyiapkan serangan teror. Penangkapan ini diikuti pengosongan sebuah pusat seni di kota kedua terbesar di negeri itu, Goteborg, pada Minggu 11 September 2011.

Keempatnya ditahan di kota di pantai barat Swedia itu, kata juru bicara badan keamanan Swedia, SAPO, Sara Kvarnstrom. Namun perempuan ini menolak membeberkan detail penahanan dan tak menyatakan apakah ini terkait perayaan 10 tahun serangan 11 September.

Meski diduga menyiapkan teror, SAPO belum melihat perlu menaikkan taraf kewaspadaan yang telah naik sejak Oktober 2010 lalu. "Kajian kami, tak perlu perhatian publik pada saat ini," kata Kvarnstrom kepada kantor berita Associated Press.

Tabloid Swedia Expressen, mengutip sebuah sumber polisi, menyatakan penyidik menduga keempat orang ini terkait jaringan Al-Qaida. Mereka memiliki senjata api, bahan peledak dan granat. Namun SAPO tak mengkonfirmasi berita ini.

Polisi di Goteborg menyatakan, mereka telah mengosongkan pusat seni Roda Sten yang terletak ratusan meter dari Jembatan Alvsborg karena "ancaman serius atas kehidupan, kesehatan dan kerusakan parah atas bangunan." Namun SAPO juga tak mengkonfirmasi informasi ini.

Jembatan Alvsborg ini merupakan penghubung daratan utama Swedia dengan pulau Hisingen. Jembatan enam jalur ini penghubung penting ibukota Norwegia Oslo ke selatan Swedia. Goteborg ini juga dikenal sebagai pusat pembuatan mobil Volvo.

Rizky Nazar Diisukan Selingkuh, Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad
Timnas Qatar U-23 Vs Jepang

Timnas Qatar U-23 Menangis Usai Dihajar Jepang Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Timnas Qatar U-23 dipastikan gugur di babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Itu setelah mereka dikalahkan Jepang dengan skor 2-4 di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayy

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024