Curiga Teroris, AS Kirim Jet Tempur F-16

Pesawat tempur F-16
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Dua pesawat jet tempur F-16 Amerika Serikat dikirim untuk membuntuti dua pesawat komersil setelah ditemukan beberapa penumpang mencurigakan. Tindakan ini merupakan salah satu pengamanan ketat yang diterapkan AS pada peringatan 10 tahun tragedi 11 September 2001.

Dilansir dari laman CNN, Senin 12 September 2011, pesawat pertama yang dibuntuti dua jet temput F-16 adalah pesawat maskapai American Airline penerbangan nomor 34 dari Los Angeles menuju New York, pada Minggu 11 September 2011. Pesawat ini sampai dengan selamat di bandara John F. Kennedy pada pukul 4.10 sore.

Sesampainya di bandara, FBI langsung menanyai tiga orang penumpang yang dicurigai. Kapten pesawat mengaku telah curiga, namun memilih untuk tetap tenang dan tidak menghubungi pihak keamanan. Setelah dilakukan interogasi, tiga orang ini dibebaskan karena terbukti tidak berbahaya.

Pesawat kedua yang dibuntuti adalah penerbangan nomor 623 maskapai Frontier dari Denver menuju Detroit. Awak kabin mengatakan dua orang pesawat melakukan tindak mencurigakan. Keduanya dilaporkan menghabiskan 20 menit di toilet secara bergantian.

Mengetahui hal ini, juru Badan Keamanan Transportasi AS, Kristin Lee, mengatakan Komando Pertahanan Udara Amerika Utara (NORAD) langsung mengirim pesawat jet F-16 untuk membayang-bayangi pesawat tersebut.

Pesawat ini juga mendarat dengan selamat di bandara tujuan. Tiga orang penumpang yang dicurigai ditahan untuk interogasi. Mereka akhirnya dibebaskan setelah terbukti tidak bermaksud jahat.

Pengamanan di AS ditingkatkan jelang peringatan tragedi serangan teroris yang meruntuhkan menara kembar World Trade Center di New York, 11 September 2001. Pada serangan tersebut, teroris membajak dua pesawat penumpang dan menabrakkannya ke dua gedung yang bersebelahan itu. Lebih dari 3000 orang tewas.

Laporan intelijen yang diterima FBI menunjukkan adanya resiko serangan teror pada peringatan yang dihadiri presiden dan mantan presiden. Sarana transportasi New York dijaga ketat dengan penambahan personil keamanan yang juga ditempatkan di beberapa tempat. (eh)

Haru, Angelina Sondakh Ungkap Inspirasi Kebaikan Mendiang Mooryati Soedibyo
Suntik vaksin

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Vaksin merupakan salah satu penemuan yang paling ampuh dalam mencegah sebuah penyakit yang selama ini ditakuti. Dan imunisasi global juga telah menyelamatkan154 juta jiwa

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024