Indonesia-Thailand Sepakat Pererat Kerjasama

Presiden Yudhoyono menerima kunjungan PM Thailand Yingluck Shinawatra
Sumber :
  • AP Photo/Achmad Ibrahim

VIVAnews – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan, Indonesia dan Thailand telah bersepakat untuk meningkatkan kemitraan dan kerjasama di berbagai bidang, termasuk perekonomian, perdagangan, dan pertanian.

“Kami sepakat kerjasama di bidang ekonomi akan terus ditingkatkan. Kami juga menggarisbawahi pentingnya kerjasama pertanian. Thailand punya teknologi maju di bidang agroindustri. Kerjasama untuk investasi dan riset juga akan terus ditingkatkan,” kata Presiden Yudhoyono dalam konferensi pers usai menggelar pertemuan dengan Perdana Menteri Thailand, Yingluck Shinawatra, di Istana Negara, Senin 12 September 2011.

Kerjasama perdagangan Indonesia-Thailand pada tahun 2010, papar Presiden Yudhoyono, mencapai US$12 miliar. “Kami percaya, di masa depan masih ada peluang baru,” kata dia. Selain itu, lanjutnya, kedua negara juga akan meningkatkan kerjasama di sektor perikanan dan pangan, untuk menjamin keamanan pangan di tingkat regional.

Presiden Yudhoyono menekankan, saat ini hubungan bilateral Indonesia dan Thailand dalam keadaan baik, dan akan semakin kuat dan berkembang di masa mendatang. “Kerjasama di bidang energi dan kepariwisataan juga akan terus dilanjutkan. Demi kepentingan kedua belah pihak, kami juga memiliki komitmen untuk mencegah praktek illegal fishing,” ujar Yudhoyono.

Tak kalah pentingnya, tutur Yudhoyono, kerjasama kedua negara di bidang politik, hukum, dan keamanan. Menurutnya, Indonesia-Thailand selama ini mencatatkan sejumlah kerjasama di bidang militer, misalnya dalam bentuk saling kunjung antarperwira militer, dan kerjasama antarkepolisian kedua negara dalam memerangi kejahatan transnasional seperti terorisme dan narkotika.

Yudhoyono mengatakan, kunjungan kehormatan Yingluck kali ini merupakan kunjungan pertama Yingluck ke Indonesia. “Pada kesempatan yang baik ini, Indonesia mengucapkan selamat atas pemilu Thailand yang sukses, dan atas terpilihnya beliau sebagai Perdana Menteri wanita pertama Thailand,” tutur Yudhoyono.

Kunjungan Yingluck ke Indonesia ini merupakan bagian dari lawatan perdananya ke negara-negara ASEAN, usai terpilih menjadi Perdana Menteri Thailand. Yingluck adalah adik bungsu mantan Perdana Menteri Thailand, Thaksin Shinawatra. Perempuan berusia 44 tahun itu berhasil membawa kemenangan mutlak bagi Partai Pheu Thai yang dipimpinnya pada Pemilu Thailand 3 Juli 2011 lalu, mengalahkan Partai Demokrat pimpinan perdana menteri sebelumnya, Abhisit Vejjajiva. (eh)

Tinggal 3 Hari Lagi! Intip Peraturan dan Ketentuan Acara Untuk Konser TVXQ di Indonesia
Kucing Bengal.

5 Fakta Menarik tentang Kucing Bengal

Kucing Bengal adalah salah satu jenis kucing paling mencolok dan menarik perhatian di dunia. Dikenal karena keindahan bulunya yang berkilau dan motif belang macan tutul.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024