9/11 Memorial Dibuka Untuk Umum

Lokasi tragedi 9/11 yang dijadikan air mancur.
Sumber :
  • AP Photo/Mark Lennihan

VIVAnews - Area 9/11 Memorial di Ground Zero untuk pertama kalinya dibuka untuk umum pada Minggu, 11 September 2011. Pendirian gedung baru World Trade Center di lokasi yang sama juga diperkirakan akan selesai pada 2012.

Dilansir dari laman ABC News, daerah bekas tempat berdirinya gedung World Trade Center telah disulap menjadi sebuah kolam dengan air mancur yang indah. Kolam berukuran satu hektar ini dikelilingi panel perunggu yang bertuliskan nama 2983 korban tewas dalam tragedi 11 September 2001, serta enam korban tewas dalam pengeboman WTC pada 1993.

Lebih dari 400 pohon ek putih hingga radius 800 kilometer dari lokasi tumbuh mengelilingi kolam. Tak jauh dari arsitektur yang dirancang oleh arsitek Peter Walker dan desainer Michael Arad ini, ada area seluas 8 hektar yang ditanami 150 pohon.

Sementara itu, gedung baru One World Trade Center yang didirikan dekat lokasi rencananya akan mulai beroperasi pada 2012. Menurut kepala proyek, Bill Baroni, ada 25 ribu pekerja yang mengerjakan proyek ini hingga selesai nantinya.

"Proyek ini tak bisa berhenti, karena kami memang tak bisa berhenti," katanya. Baroni juga menambahkan, jadwal pengerjaan gedung dibatasi oleh sederetan tenggat waktu yang harus selesai pada 2012.

Baron juga rencananya akan membangun sebuah museum yang akan diisi oleh koleksi peninggalan, foto, serta memorabilia pribadi milik para korban. Museum ini dimaksudkan sebagai tempat orang-orang yang ditinggalkan mengenang mereka yang tewas dalam tragedi 9/11.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot
Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menurut Direktur Bina Haji PHU Arsad Hidayat, jemaah haji diminta tidak asal membagikan informasi yang beredar di media sosial yang belum jelas kebenarannya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024