VIDEO: Orangutan Pecandu Rokok Direhabilitasi

Orangutan Shirley 1
Sumber :
  • Daily Mail

VIVAnews - Gara-gara pengunjung kerap melemparkan rokok ke kandangnya, Shirley, seekor orangutan betina memiliki kebiasaan buruk: merokok bak kereta api.

Kini ia dipaksa menghentikan kecanduannya itu. Aparat Malaysia menyita Shirley dari kebun binatang pemerintah di selatan Johor karena kehidupan satwa itu dianggap memprihatinkan.

Hewan berusia 25 tahun itu kini dikarantina di kebun binatang lain, di negara bagian berbeda. Selanjutnya ia akan dikirim ke pusat satwa liar di Pulau Kalimantan--wilayah Malaysia--dalam beberapa minggu ini.

Direktur Kebun Binatang Melaka--di mana Shirley diasingkan--Ahmad Azhar Mohammed mengatakan, di tempatnya yang baru, tak bakal ada lagi rokok untuk Shirley. Sebab, ini kata dia, "Merokok bukan perilaku normal bagi orangutan."

Sebelumnya Kebun Binatang Johor tempat Shirley tinggal diberitakan di halaman depan berbagai surat kabar, karena kondisi hewan-hewannya yang mengerikan.

Shirley harus bersaing dengan rekannya sekandang, Abu, untuk berebut rokok yang dilempar pengunjung kebun binatang. Larangan memberikan rokok telah dipasang di luar kandang, namun petugas tak berbuat apapun untuk menghentikan keisengan pengunjung itu.

Tak hanya rokok yang jadi masalah, Shirley menghabiskan sebagian besar waktunya merobek kaleng minuman dan mengunyah pembungkus makanan yang dilemparkan pengunjung.

Tak hanya kehidupan orangutan yang memprihatinkan. Buaya dipaksa berjuang dalam kandang yang miskin air, sementara singa dan harimau ditampung di kandang yang tak cukup besar untuk mereka.  Lihat video orangutan merokok di sini.

Iran Bantah Rudal Israel Meledak di Isfahan: Itu Drone yang Ditembak Jatuh

Orangutan Shirley 2

Alvina Elysia Dharmawangsa

Mengenal Sepak Terjang Karier Alvina Elysia, Dirut Perempuan di Anak Perusahaan Pupuk Kaltim

Alvina Elysia Dharmawangsa Mengawali karier di tahun 2008 sebagai staff Process Engineer di pabrik Pupuk Kaltim usai menuntaskan pendidikan tingginya dari jurusan Teknik

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024