Pipa Gas Kenya Meledak, 75 Tewas

Pipa gas meledak di Kenya
Sumber :
  • Ben Curtis/ AP

VIVAnews - Sedikitnya 75 orang tewas dan lebih dari 110 lainnya terluka dalam ledakan sebuah pipa gas dan kebakaran di area industri Lunga-Lunga di Nairobi, Kenya. Ledakan diduga dipicu oleh puntung rokok yang dibuang ke selokan yang dipenuhi gas.

Dilansir dari laman BBC, Selasa 13 September 2011, polisi dan tentara tampak mengawasi daerah sekitar lokasi sementara pemadam kebakaran berusaha memadamkan api. Beberapa bagian tubuh korban tewas tampak berserakan di sisa-sisa gubuk yang terletak sekitar 300 meter dari lokasi kejadian.

Pipa yang meledak tersebut merupakan pipa yang terpasang dari daerah pemukiman yang padat di Sinai sampai bandara di Nairobi. Sebagian besar korban tewas adalah penduduk yang gubuknya berdiri tepat di atas pipa.

Seorang petugas Palang Merah mengatakan, ditemukan sedikitnya 75 jasad korban tewas dalam musibah ini. Beberapa laporan menyebutkan, jumlah korban tewas diduga mencapai lebih dari seratus orang.

"Saya mendengar suara ledakan yang sangat keras, lalu melihat orang-orang sekitar saya terbakar api. Di sekitar saya semuanya dilalap api," kata Jane Membua, salah satu korban luka. Sementara salah satu penduduk sekitar lokasi, Joseph Mwengo, mengatakan, "Ada suara 'bum' yang keras disusul ledakan besar, kemudian api dan asap membumbung tinggi."

Perdana Menteri Kenya, Raila Odinga, yang mengunjungi lokasi kejadian, menyebut apa yang dilihatnya sebagai peristiwa mengerikan dan mengejutkan. "Ledakan ini adalah salah satu musibah terbesar dalam sektor minyak di Kenya," ujar Odinga.

Sementara itu, Richard Leresian, kepala Rumah Sakit Nasional Kenyatta, menyatakan bahwa 112 korban sudah mendapat perawatan. Kebanyakan di antara mereka mengalami luka bakar yang parah. Ia mengaku sedikit kesulitan karena rumah sakit kekurangan selimut dan darah untuk transfusi.

Erick Thohir Beri Kabar Baik soal Nathan Tjoe-a-On, Bisa Bela Timnas Indonesia Vs Korea Selatan
Manoj Punjabi, Lyodra, Yovie Widianto

Lyodra Bahagia dan Tak Menyangka Isi Soundtrack Film Ipar Adalah Maut

Penyanyi muda yang tengah digandrungi banyak penggemar, Lyodra didapuk untuk membawakan soundtrack film Ipar Adalah Maut, sebuah lagu berjudul Tak Selalu Memiliki

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024