Oposisi Menang, Denmark Akan Punya PM Wanita

Perdana Menteri Denmark Helle Thorning-Schmidt
Sumber :
  • REUTERS/Fabian Bimmer

VIVAnews - Kandidat koalisi oposisi Denmark, Helle Thorning-Schmidt, memenangkan kursi perdana menteri pada pemilu nasional yang diumumkan Kamis 15 September 2011.

KPK Panggil Dua Hakim Agung di Kasus Korupsi Gazalba Saleh, Siapa Dia?

Dengan kemenangannya, Thorning-Schmidt akan menjadi PM wanita pertama yang pernah menjabat di Denmark.

Seperti dilansir dari kantor berita Reuters, kemenangan Thorning-Schmidt, 45, ketua Partai Sosial Demokrat, mengakhiri pemerintahan Partai Liberal yang telah berlangsung selama 10 tahun. Agenda ekonomi pemerintahan bersama dengan koalisi kiri-tengahnya berhasil menarik perhatian para pemilih.

Mantan anggota parlemen Denmark tahun 1999 ini berjanji akan bekerja lebih lama 12 menit setiap harinya untuk memperbaiki perekonomian Denmark, tanpa membebankan pajak tambahan kepada rakyat. Thorning-Schmidt mengatakan, langkah utamanya adalah menumbuhkan investasi di bidang pendidikan dan infrastruktur agar terbuka lapangan pekerjaan baru.

Ini adalah kali kedua Thorning-Schmidt mengikuti pemilihan PM, setelah pada 2007 lalu kalah oleh Anders Fogh Rasmussen. Wanita ini kemudian mengubah manuver politiknya dengan merangkul partai kiri Denmark, di antaranya Partai Rakyat Sosialis, Partai Sosialis Liberal dan koalisi Red-Green. Koalisi partai-partai kiri ini dikenal dengan sebutan "Blok Merah."

Wanita lulusan European College di Belgia ini sebelumnya dikenal sebagai politikus kaya dari kalangan atas. Itulah sebabnya media menyebutnya dengan nama "Gucci Helle" karena kebiasaannya mengenakan pakaian dan tas bermerk. Dia membantah hal ini dengan komentar yang pedas. "Jangan menyebut saya Gucci hanya karena saya tidak memakai kantung kotoran seperti kalian," kata Thorning-Schmidt.

Wanita yang tumbuh di Copenhagen ini memiliki seorang anak yang disekolahkan di sekolah swasta mahal. Suaminya, Stephen Kinnock, Direktur World Economic Forum, pernah terlibat skandal pajak. Karir politik Thorning-Schmidt bermula saat dia menjadi aktivis perdamaian dan pendukung Kongres Nasional Afrika di Afrika Selatan ketika masih SMA.

Menteri BUMN, Erick Thohir, dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa, 19 Maret 2024.

Erick Thohir Lapor ke DPR Laba BUMN Tembus Rp 292 Triliun pada 2023

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, melaporkan raihan laba konsolidasi perusahaan-perusahaan BUMN di sepanjang tahun 2023.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024