Sejarah Baru, RS Inggris Operasi Kembar Siam

Bayi kembar siam
Sumber :
  • Reny Mardiningsih | Surabaya Post
VIVAnews - Tim dokter Inggris berhasil melakukan operasi pemisahan bayi kembar dempet kepala asal Sudan di Rumah Sakit Anak Great Ormond Street. Pemisahan kembar dempet kepala ini adalah yang pertama kalinya dalam kedokteran Inggris.
Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri (JLM)

Dilansir dari laman MSN pada Minggu 18 September 2011, kedua bayi yang bernama Rital dan Ritaj Gaboura itu terlahir dengan kelainan dempet kepala yang langka, di mana hanya satu dari 10 juta kelahiran saja yang bisa bertahan hidup. Kini, bayi kembar berusia 11 bulan itu dalam keadaan sehat dan tak mengalami efek samping pasca operasi.
Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas

David Dunaway selaku pemimpin tim dokter mengaku melakukan empat prosedur operasi kompleks supaya si kembar Gaboura. Hal itu dilakukan mengingat keduanya berbagi tengkorak, syaraf dan pembuluh arteri, walau memiliki jaringan otak yang terpisah.
Masuk Usia Kepala 4, Vicky Prasetyo Sudah Siapkan Kain Kafan?

Kondisi keduanya sebelum operasi juga cukup rumit, karena ada peredaran darah yang signifikan antara otak keduanya. Otak, hati, dan tubuh Ritaj bekerja lebih keras karena harus menyuplai darah untuk saudarinya, Rital.

Kondisi rumit itulah yang membuat tim dokter harus ekstra hati-hati. Penurunan tekanan darah yang dikuatirkan muncul pasca operasi dapat menyebabkan kerusakan syaraf pada salah satu atau kedua bayi tersebut.

Namun, setelah empat bulan tinggal di rumah sakit dan beberapa kali operasi, para dokter yakin si kembar Gaboura akan mampu pulih dengan cepat. Apalagi keduanya menunjukkan perkembangan yang bagus pasca operasi final.

Dilansir dari laman Daily Mail, Rital dan Ritaj Gaboura dilahirkan secara caesar di Sudan pada 2010. Putri kembar pasangan dokter ini akhirnya diterbangkan ke Inggris dengan bantuan badan amal Facing the World karena di Sudan tidak ada tenaga ahli yang bisa melakukan tindak operasi.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya