Protes Limbah, Warga di China Rusak Bangunan

Sungai Yellowstone tercemar minyak milik Exxonmobil.
Sumber :
  • AP Photo/The Billings Gazette, Casey Page

VIVAnews - Ratusan penduduk desa di bagian timur China menggelar aksi protes selama tiga hari. Mereka memprotes polusi yang diakibatkan pembangkit listrik tenaga matahari (solar power plant) sebuah perusahaan.

Dilansir dari laman CNN, Minggu 18 September 2011, sedikitnya 500 pemrotes berkumpul di perusahaan Zhejiang Jinko Solar di Haining, provinsi Zhejiang. Beberapa di antara mereka merusak bangunan kantor dan menjungkir-balikkan beberapa mobil di lokasi.

Para penduduk yang tinggal di desa Hongxiao yang dekat dengan perusahaan berkata, pabrik tersebut bertanggung jawab atas matinya ikan-ikan dalam jumlah besar di sungai.

"Para penduduk desa meminta supaya perusahaan ini dipindahkan ke area lain. Saya khawatir akan kesehatan generasi muda jika pabrik terus berdiri di sini," kata seorang penduduk desa yang sudah berusia lanjut.

Dalam aksi protes yang berlangsung ricuh itu, empat mobil polisi ikut dirusak. Puluhan aparat pun dikerahkan untuk menjaga supaya situasi tetap terkendali.

Kepala kantor perlindungan lingkungan Haining menyatakan, limbah perusahaan yang dibuang Zhejiang Jinko Solar memang tidak lulus tes keamanan sejak April. Perusahaan tersebut telah diperingatkan, namun polusi tetap tak terkontrol juga.

Hingga saat ini, perusahaan tersebut belum bersedia memberi komentar terkait aksi protes atau tuduhan pencemaran.

Shin Tae-yong Dapat Kabar Baik dari Erick Thohir soal Perpanjangan Kontrak
Persebaya Surabaya Vs Persib

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Persebaya Surabaya

Duel Persib Bandung vs Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 matchday ke 32 di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu 20 April 2024, pukul 15.00 WIB.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024