32 Tahanan Kabur dari 3 Penjara di Meksiko

Penjara Coatzacoalcos di Meksiko
Sumber :
  • REUTERS/Sergio Dario Balandrano Casas

VIVAnews - Sebanyak 32 tahanan melarikan diri dari tiga penjara di negara bagian Veracruz, Meksiko. Tentara dan marinir bergerak untuk memburu mereka, 14 orang diantaranya sudah tertangkap.

Dilansir dari laman CNN, Selasa 20 September 2011, kejadian ini terjadi pada Senin dini hari waktu setempat. Sebanyak 16 tahanan kabur dari penjara Dupont Ostion di Coatzacoalcos, 14 kabur dari La Toma di Amatlan de los Reyes, dan dua lainnya kabur dari penjara Cosamaloapan.

Seorang pejabat Veracruz, Gerardo Buganza Salmeron, mengatakan para sipir yang berada di tiga penjara tersebut akan diselidiki. Polisi saat ini memperketat keamanan pada 17 penjara di seluruh Veracruz untuk mengantisipasi peristiwa serupa terjadi lagi.

Peristiwa tahanan kabur dari penjara Meksiko yang terbesar terjadi Desember lalu, ketika lebih dari 140 tahanan melarikan diri dari penjara di Nuevo Laredo, negara bagian Tamaulipas utara.

Pengamanan di penjara Meksiko memang sangat lemah, dengan penjaga yang sering terintimidasi atau disuap oleh geng narkoba yang beroperasi di dalam dan di luar penjara. Apalagi dalam kasus ini, tahanan yang kabur dilaporkan sempat menekan petugas penjara untuk membukakan pintu.

Penjara Meksiko akhir-akhir ini sedang bergulat mengatasi membanjirnya jumlah tahanan yang ditangkap akibat jual beli narkoba. Sipir yang menolak suap dari geng narkoba besar di penjara kadang-kadang berakhir mengenaskan.

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro
Sekretaris Jenderal DPP PKS Habib Aboe Bakar

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Partai Keadilan Sejahtera, siap menggelar karpet merah untuk Prabowo Subianto, Presiden terpilih Pilpres 2024. Itu akan dilakukan jika Prabowo hadir di halal bi halal PKS

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024