Gadis Disekap dan Diperkosa di Penjara Brasil

Lemahnya perlindungan hukum, baik dari sisi undang-undang maupun penegakan hukum membuat kasus-kasus kejahatan seksual terus berulang.
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Prastowo

VIVAnews - Seorang gadis 14 tahun disekap selama empat hari di sebuah penjara negara bagian Para, Brasil. Gadis malang itu diperkosa bergiliran oleh para napi lelaki. Polisi tengah menyelidiki kelalaian para sipir sehingga tindakan biadab itu terjadi.

Kepala divisi kenakalan remaja di negara bagian Para, Fabiano Amazonas, mengatakan gadis yang tidak disebutkan namanya tersebut mengaku diberi obat bius, dipukuli dan diselundupkan oleh seorang wanita ke dalam penjara Heleno Fragoso. Dia mengaku tidak sendirian, setidaknya ada dua gadis malang lainnya yang dimasukkan ke dalam penjara.

Amazonas mengatakan gadis-gadis ini adalah korban perdagangan manusia ke dalam penjara. Gadis-gadis ini dijual untuk memuaskan nafsu bejat para pesakitan. "Dia mengatakan telah diperkosa beberapa kali oleh para napi, beruntung dia berhasil kabur," kata Amazonas, dilansir dari laman Associated Press.

Akibat peristiwa ini, kepala penjara dan 19 sipir yang bertugas hari Jumat malam dan Sabtu pagi dipecat karena dinilai lalai. Saat ini petugas tengah mencari tahu siapa yang membawa gadis itu ke dalam penjara, siapa petugas dibaliknya, dan siapa napi yang memperkosanya. Polisi juga masih mencari kemungkinan adanya gadis lain seperti yang dikatakan.

Badan Pemasyarakatan di ibukota Para, Belem, juga mulai melakukan investigasi terkait kelemahan pengamanan dan untuk mencegah kejadian serupa terjadi lagi. Gubernur Para, Simao Jatene, memerintahkan dibangun dinding tinggi di sekitar penjara untuk pengamanan.

Menurut pernyataan kantor gubernur, penjara di negara bagian ini bersifat semi-terbuka. Para narapidana bisa pergi keluar penjara pada siang hari dan kembali dikerangkeng pada malam hari. Tidak ada pagar dan bagian belakang penjara adalah hutan.

Ini bukan kali pertama skandal perkosaan terjadi di penjara negara bagian Para. Pada 2007, seorang remaja wanita yang didakwa pencurian dipenjara bersama dengan 21 orang napi lelaki selama satu bulan di kota Abaetetuba. Dia dipaksa meladeni nafsu binatang para napi, jika tidak maka dia tidak dapat makan.

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I
Billy Syahputra

Dekat dengan Banyak Wanita, Billy Syahputra Gerah Sering Dijodohkan

Billy Syahputra mengaku sempat ‘gerah’ dengan komentar netizen yang selalu menjodoh-jodohkannya dengan wanita yang dekat dengannya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024