Minyak Untung, Warga Alaska Dapat Rp10 Juta

Terminal Minyak di Valdez, Alaska, AS.
Sumber :
  • Reuters/Lucas Jackson

VIVAnews - Pemerintah negara bagian Alaska, Amerika Serikat, akan membagikan dividen tahunan laba produksi minyak bumi kepada hampir seluruh warganya. Dilaporkan, tahun ini warga kecipratan keuntungan sebesar US$1.174 atau sekitar Rp10,5 juta.

Dilansir dari kantor berita Reuters, Gubernur Alaska Sean Parnell mengatakan tahun ini pemerintahnya akan membagikan US$760,2 juta (Rp6,8 triliun) kepada 670.000 penduduk, baik anak-anak maupun dewasa. Jumlah ini sekitar 95 persen dari populasi keseluruhan Alaska.

Pembagian dividen merupakan bagian dari program kesejahteraan minyak Alaska yang telah diterapkan sejak tahun 1982. Mereka yang menerimanya adalah warga yang telah tinggal di Alaska selama lebih dari satu tahun atau lahir pada tahun lalu.

"Ini adalah salah satu tugas besar dan unik bagi gubernur Alaska. Tugas yang diharapkan oleh 49 gubernur lainnya," ujar Parnell ketika membuka amplop jumlah dividen tahun ni.

Jumlah dividen tahun 2011 berkurang dari tahun sebelumnya yang mencapai US$1.281 (Rp11,4 juta). Parnell mengatakan jumlahnya juga akan berkurang lagi pada tahun depan.

Justin Hubner Dapat Izin ke Indonesia U-23 dari Gamba Osaka

Hal ini dikarenakan turunnya jumlah produksi minyak. Produksi tahun ini dilaporkan kurang dari sepertiga jumlah produksi tahun 1988 yang mencapai 2,1 juta barel per hari. Fluktuasi harga di pasar saham juga menyebabkan jatah warga berkurang.

Bayaran dividen terbesar tercatat pada tahun 2008. Kala itu, setiap warga Alaska mendapatkan US$2.069 atau sekitar Rp18,5 juta. (umi)

Israel Bakal Ubah Status Al-Aqsa, Izinkan Umat Yahudi Beribadah dalam Masjid
Pohon tumbang di Jalan Margonda, Depok

Pohon Tumbang Sempat Tutup Jalan Margonda Akibat Hujan Deras

Hujan deras disertai angin kencang dan petir melanda Depok pada Rabu sore, 17 April 2024. Akibatnya, banjir terjadi di sejumlah titik antara lain Jalan Margonda dan Perum

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024