Jerman Gelar 60 Acara di Indonesia

oktoberfest di bavaria
Sumber :
  • REUTERS/Michael Dalder

VIVAnews - Kedutaan Besar dan komunitas Jerman berencana menggelar 60 kegiatan di Indonesia. Acara multisektor itu menjadi simbol terkini eratnya hubungan kedua negara.

Menurut Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Nobert Baas, acara yang diselenggarakan Forum JERIN (Jerman-Indonesia) itu akan berlangsung dari Oktober 2011 hingga Februari 2012. Puluhan acara itu mencakup kegiatan budaya, pendidikan, ekonomi, dan teknologi di lebih dari 12 kota di seluruh Indonesia.

"Indonesia dan Jerman sudah lama menjalin hubungan kerjasama, dan terhubung dengan kemitraan global Eropa-Indonesia. Dalam menghadapi hambatan serta peluang yang ada, kedua negara dapat melakukan lebih banyak untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya hubungan Jerman-Indoensia. Itulah sebabnya kami mengadakan JERIN," kata Baas di Jakarta, 23 September 2011.

Slogan 'Kreativitas dalam Keberagaman' yang diusung JERIN mengambarkan gabungan karakteristik yang dimiliki kedua negara. "JERIN akan menyuguhkan rangkatan kegiatan yang menarik terkait perspektif bisnis, teknologi baru, kerjasama ilmu pengetahuan, pendidikan, dan pembangunan sebagaimana event musik, tari, dan fashion," tambah Duta Besar Baas.

JERIN digagas oleh Kedutaan Besar Jerman di Jakarta bersama dengan Goethe Institut dan Kamar Dagang Jerman-Indonesia EKONID. Perusahaan-perusahaan Jerman yang ada di Indonesia, semisal Bayer, Merck, Lufthansa, Siemens, dan BMW turut menjadi sponsor untuk acara ini.

Melihat hubungan dagang dan investasi yang sudah berjalan lama antara kedua negara, Ketua EKONID, Jan Rönnfeld, meyakini JERIN akan menjadi awal baru untuk kerjasama yang lebih kuat dan komprehensif Jerman dan Indonesia.

"JERIN menawarkan kesempatan bisnis untuk kedua negara. Ini bukan tentang rencana bisnis Indonesia-Jerman di kemudian hari, namun kesempatan bisnis saat ini. Saya percaya JERIN bisa menjadi stimulus yang bagus untuk itu," kata Rönnfeld.

Gala konser musik klasik dan pameran lukisan Raden Saleh akan menandai pembukaan JERIN pada 2 dan 3 Oktober 2011. Setelahnya, rangkaian acara seperti workshop musik, seminar energi, pameran pendidikan, serta pameran pembangunan Jerman akan menjadi bagian agenda JERIN.

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark
Rowoon

Rowoon Ungkap Alasan Keluar dari SF9 dan Fokus di Akting Sebagai Aktor

Rowoon eks anggota SF9 baru-baru ini akhirnya mengungkapkan alasan di balik keputusannya untuk meninggalkan grup idola tersebut dan beralih fokus ke dunia akting. 

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024