Usai Diamuk Nesat Filipina Waspada Topan Lain

Banjir akibat topan Nesat di Filipina
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVAnews - Filipina kini berbenah diri setelah porak-poranda terkena hantaman topan Nesat, terutama di ibukota Manila dan dan Pulau Luzon. Pasokan listrik yang sempat terputus kini sudah kembali mengaliri Manila, namun sebagian besar wilayah Luzon masih diliputi kegelapan.

Menurut stasiun berita BBC pada Rabu 28 September 2011, tim penyelamat tampak mulai membersihkan reruntuhan, pohon tumbang, dan mobil yang rusak di jalanan Filipina. Kantor dan sekolah yang sempat ditutup sudah bisa beroperasi kembali.

Di beberapa tempat seperti Manila Ocean Park dan Taft Avenue, air masih menggenang sehingga kedua tempat tersebut masih belum dapat beroperasi. Sama halnya dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat yang masih tutup.

Kepala Badan Pertahanan Sipil, Benito Ramos, menyatakan saat ini juga sedang dilakukan perbaikan 61 ruas jalan di Luzon. Kesemua jalan tersebut sempat tidak berfungsi akibat tergenang banjir, terkena longsor, atau tertimpa reruntuhan.

Sementara itu, badan prakiraan cuaca Filipina memperingatkan akan datangnya topan tropis lain yang saat ini masih berada di Samudera Pasifik. "Kami harus segera membersihkan sisa-sisa topan Nesat ini sebelum ada badai yang datang lagi. Kami berharap cuaca bisa sedikit bersahabat," kata Ramos.

"Ini adalah pertama kalinya terjadi banjir sebesar ini di Manila," kata walikota Alfredo Lim. Ia juga menambahkan, banjir ini juga diperparah oleh ombak besar yang menggulung dari Teluk Manila.

Topan Nesat yang berdiameter 650 kilometer dan berkecepatan 170 kilometer per jam menyebabkan longsor pada Selasa dini hari di pantai Pasifik. Sedikitnya 18 korban tewas dan 35 lainnya dinyatakan hilang akibat topan yang diperkirakan merupakan topan terbesar yang pernah menghantam Filipina tahun ini. (umi)

Pengadilan Tinggi Dominika Batalkan Larangan Hubungan Sesama Jenis
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Media Korea Selatan Soroti Sepak Terjang Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23

 Pertemuan antara Timnas Indonesia U-23 dengan Timnas Korea Selatan U-23 di perempat final Piala Asia U 23 menjadi sorotan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024