PM Inggris: Kurangi Pakai Kantong Plastik

Ilustrasi kantong plastik
Sumber :
  • Reuters/Keith Bedford

VIVAnews - Perdana Menteri Inggris, David Cameron, memerintahkan supermarket-supermarket besar di Inggris untuk mengurangi penggunaan atau tidak menggunakan sama sekali kantong belanja dari plastik. Jika tidak juga dilakukan, maka pemerintah Inggris tidak segan-segan mengambil tindakan tegas.

Dilansir dari laman Daily Mail, Kamis 29 September 2011, Cameron mengatakan supermarket di Inggris harus menunjukkan data penurunan pemberian kantong plastik kepada pelanggan dalam 12 bulan ke depan. Jika tidak, maka Cameron akan melarang pemberian kantong plastik, atau memerintahkan pemungutan bayaran untuk setiap plastik yang diberikan.

Kantong plastik lazim diberikan cuma-cuma oleh supermarket kepada pelanggannya di Inggris. Cameron mengaku kaget melihat data peningkatan penggunaan plastik tahun lalu yang berjumlah 333 juta, bertambah lima persen dari tahun sebelumnya.

Sekjen Gerindra Sebut Prabowo "The New Sukarno"

Aktivis lingkungan menyayangkan hal ini. Mereka mengatakan kantong plastik hanya digunakan selama 20 menit, kemudian dibuang. Kantong plastik baru bisa terurai secara alami dalam waktu 1000 tahun. Dilaporkan, terdapat 70 sampah plastik setiap satu mil pantai Inggris. Sampah ini dikhawatirkan mengancam keberlangsungan habitat laut dan burung.

Beberapa tempat di Inggris Raya sudah menerapkan bayaran untuk setiap kantong plastik yang diberikan. Hal ini diharapkan dapat membuat para pelanggan mengurangi penggunaan plastik untuk membawa belanjaan. Uang hasil penjualan plastik dapat digunakan untuk sumbangan sosial atau biaya daur ulang.

Di Wales contohnya. Supermarket di wilayah otonomi khusus ini menerapkan biaya 5 penny untuk plastik kepada pelanggan. Jika ditemukan plastik diberikan gratis, maka pemerintah Wales akan menjatuhkan denda sebesar 5.000 poundsterling atau sekitar Rp70 juta kepada supermarket tersebut.

Wilayah lainnya yang menerapkan peraturan ini adalah pemerintahan lokal Irlandia dan Skotlandia. Irlandia bahkan menerapkan bayaran 16 penny untuk satu kantong plastik. Akibatnya, sebanyak 90 persen produksi plastik tidak tersebar di masyarakat, otomatis mengurangi tingkat pencemaran. (umi)

Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan

Airlangga: Kader Golkar Siap Ditempatkan di Legislatif maupun Eksekutif

Airlangga Hartarto mengatakan kader Golkar siap ditempatkan di legislatif maupun eksekutif. Dia menanggapi peluang keterlibatan Golkar dalam kabinet Prabowo-Gibran.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024