Menhan AS: Israel Terancam Terisolasi

Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Leon Panetta
Sumber :
  • REUTERS/Jason Reed

VIVAnews - Israel terancam diisolir dari pergaulan internasional jika tidak segera memperbaiki hubungan dengan negara-negara sekitar di kawasan. Jika sudah terisolasi, maka pertahanan dan keamanan Israel akan terancam.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Leon Panetta, dilansir dari kantor berita Reuters Minggu 2 Oktober 2011. Panetta mengatakan hubungan Israel dengan negara-negara yang berbatasan renggang akibat beberapa masalah.

Salah satunya dengan Turki yang sempat tegang akibat penyerangan tentara Israel ke kapal pembawa bantuan Turki untuk Gaza tahun lalu. Hubungan dengan Mesir juga tegang akibat tewasnya polisi negara tersebut di perbatasan kedua negara. Akibatnya, warga Mesir yang marah menyerang kedutaan Israel di Kairo.

Panetta mengatakan revolusi di Arab menjadikan Israel rentan. Itulah sebabnya, perbaikan hubungan antara Israel dengan negara-negara tetangga menjadi sangat mendesak. "Sangat jelas sekali di tengah situasi Timur Tengah yang panas, dengan banyak perubahan, sangat tidak menguntungkan jika Israel diisolir. Inilah yang saat ini tengah terjadi," kata Panetta.

Pemerintah Amerika Serikat berulangkali menyatakan komitmennya terhadap Israel, termasuk memberikan dukungan militer. Namun, kata Panetta, keamanan penuh tidak akan terwujud jika tidak melalui perundingan.

Mendag Zulhas Sebut Kenaikan Harga Bawang Merah Akibat Banyak Pedagang Belum Mulai Berjualan

"Pertanyaannya sekarang adalah: Apakah kekuatan militer cukup mempertahankan negara jika kau mengisolasikan diri dari arena diplomatik? Keamanan sejati hanya akan didapat melalui upaya diplomatik yang kuat," tegas Panetta.

Ancaman isolasi atas Israel juga semakin besar akibat perseteruannya dengan pemerintah Palestina. Panetta mengatakan saat ini Israel harus mendorong perundingan damai untuk memperbaiki situasi di kawasan. Mantan direktur CIA ini menegaskan bahwa perundingan tidak akan merugikan kedua  pihak.

"Mereka dapat melindungi kepentingan mereka dengan banyak cara melallui negosiasi. Dan dalam waktu yang sama akan membuka pintu solusi permasalahan pelik yang terdapat di dalamnya," kata Panetta.

Pernyataan Panetta ini disampaikan dalam perjalanannya menuju Israel. Dijadwalkan sampai pada Senin 3 Oktober 2011, misi Panetta adalah mencoba memulai kembali perundingan damai Israel-Palestina. Dia rencananya akan bertemu dengan pemerintahan kedua negara. Setelah dari Israel, Panetta akan menuju Mesir, untuk mendorong hubungan baik antara Kairo dan Yerusalem.

Pemain Timnas Indonesia, Marc Klok (kiri) dan Shayne Pattynama (kanan)

Timnas Indonesia U-23 Mengganas di Piala Asia, Marc Klok: Masa Depan Cerah

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok, mengungkapkan kekagumannya terhadap kesuksesan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024