Brokoli Super Dijual di Inggris

Sayuran brokoli
Sumber :
  • reuters/News.com

VIVAnews - Pemerintah Inggris mulai hari ini, Selasa 4 Oktober 2011, memasarkan brokoli varian baru yang dijuluki brokoli super. Brokoli ini mengandung nutrisi yang tinggi, sehingga mencegah penyakit jantung dan kanker.

Dilansir dari laman Telegraph, brokoli ini bisa dibeli di supermarket Mark & Spencer di seluruh Inggris. Tahun depan, seluruh supermarket negara ini akan menjual brokoli super ini.

Daftar Harga Pangan 17 April 2024: Cabai Rawit hingga Telur Ayam Naik

Dari segi penampilan, brokoli ini tidak ubahnya seperti brokoli pada umumnya. Namun, brokoli super yang dinamakan Beneforte ini memiliki dua hingga tiga kali lipat kandungan nutrisi glucoraphanin dibandingkan brokoli biasa.

Di lambung, nutrisi ini akan berubah menjadi senyawa bioaktif sulphoraphane yang mengalir bersama darah. Penelitian membuktikan sulphoraphane dapat mengurangi peradangan kronis, menghentikan pembelahan sel yang tidak teratur yang merupakan gejala awal kanker, serta meningkatkan antioksidan tubuh.

Dibandingkan brokoli biasa, Beneforte meningkatkan kadar sulphoraphane dalam tubuh. Brokoli ini juga terbukti mencegah penyakit kanker prostat, serta mencegah serangan jantung dan stroke dengan cara mengurangi pembengkakan dan memperlancar aliran darah.

Brokoli jenis ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1983, namun baru beberapa tahun belakangan diteliti dan dikembangkan oleh para ilmuwan Inggris di Institut Riset Makanan (IFR) dan Pusat John Innes di Norwich. Para ilmuwan menanamnya dengan cara biasa, tanpa rekayasa genetik.

"Riset kami memberikan  pandangan baru akan peran brokoli dan sayuran lainnya dalam menjaga kesehatan. Riset ini juga akan membuka pintu bagi pengembangan sayuran berpotensi mengandung bernutrisi tinggi lainnya," kata Professor Richard Mithen, salah satu ilmuwan di IFR. (umi)

Sidang Perselisihan Hasil Pilpres 2024 di MK Hadirkan Saksi dan Ahli KPU Bawaslu

Hakim MK Kebut Rapat Rahasia dan Tertutup Jelang Putusan Sengketa Pilpres 2024

MK menjadwalkan putusan sengketa Pilpres 2024 akan dibacakan pada Senin, 22 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024