ASEAN Bulan Depan Hasilkan Bali Concord III

Michael Tene, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri
Sumber :
  • Antara/ Fanny Octavianus

VIVAnews - ASEAN diharapkan dapat lebih berkontribusi aktif dalam isu global ke depannya. Maka, pemimpin para negara anggota Perhimpunan Bangsa se-Asia Tenggara itu November mendatang kembali bertemu dan menghasilkan sebuah kesepakatan mengenai langkah-langkah konkrit.

Hal ini merupakan salah satu agenda utama dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Bali pada 17 November 2011. Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri Michael Tene di Jakarta, Jumat 7 Oktober 2011, dalam KTT tersebut diharapkan akan dapat menelurkan Bali Concord III, yang sesuai dengan tema kepemimpinan Indonesia tahun ini.

"Bali Concord III, atau yang disebut dengan Bali Declaration on ASEAN Community in a Global Community of Nation, sesuai dengan tema ASEAN tahun ini," kata Tene.

Dalam deklarasi itu, ujar Tene, akan tercantum langkah-langkah ASEAN dalam berperan dan berkontribusi aktif dalam isu-isu global yang menjadi perhatian bersama. Selain itu, juga akan dibicarakan upaya perdamaian dan keamanan di kawasan.

"Akan dibicarakan bagaimana menciptakan lingkungan ASEAN yang aman dan sejahtera," kata Tene.

KTT ASEAN ke 19 akan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali. Termasuk dalam rangkaian tersebut, akan diadakan pertemuan-pertemuan tingkat menteri luar negeri negara ASEAN dengan para negara mitra wicara. Rencananya Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon akan datang pada konferensi ASEAN-PBB.

Pada hari terakhir rangkaian KTT, 19 November 2011, akan digelar KTT Asia Timur (East Asia Summit) yang untuk pertama kalinya akan dihadiri Presiden Rusia Dmitry Medvedev dan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Bukan dari Palestina, Merry Asisten Raffi Ahmad Ungkap Asal-usul Bayi Lily di Keluarga Andara
Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dalam sidang putusan sengketa Pilpres 2024 di MK.

Ada Kesan Anies Baswedan Mulai Ditinggalkan Partai Pendukungnya, Menurut Pengamat

Pengamat politik pada Universitas Andalas Padang menilai ada kesan bahwa Anies Baswedan mulai ditinggalkan partai pendukungnya setelah kalah dalam Pemilu Presiden 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024