Diisukan Wafat, Mantan Presiden China Muncul

mantan Presiden China, Jiang Zemin
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews - Mantan Presiden China, Jiang Zemin secara tak terduga muncul di depan publik, Minggu 9 Oktober 2011 di Beijing. Ini penampilan perdananya sejak rumor ia telah meninggal dunia merebak bulan lalu.

Jiang, yang saat ini berusia 85 tahun ada di antara  jajaran orang-orang terkemuka dalam perayaan 100 tahun  Revolusi China 1911 -- yang menyingkirkan Dinasti Qing.  China kemudian menjadi negara komunis pada 1949, di bawah kepemimpinan Mao Zedong.

Dalam pembukaan acara yang digelar di Balai Agung Rakyat, siaran langsung televisi China menyorot Jiang saat menaiki panggung, dengan diikuti sejumlah asistennya.

Dalam segmen lain, Jiang terlihat ikut menyanyikan lagu  kebangsaan China. Mantan Perdana Menteri China, Li Peng  juga terlihat di antara keramaian.

Dalam pidatonya, Presiden China yang kini menjabat, Hu  Jianto memuji pertumbuhan China pasca 1911 yang ia sebut  sebagai 'modernis, revolusi nasional dan demokratis' pasca 1911. Ia juga mendesak China dan Taiwan bekerja  bersama untuk mewujudkan 'reunifikasi damai China'.

Untuk diketahui, mencapai kesepakatan dengan Taiwan  adalah salah satu yang menjadi fokus Jiang Zemin saat berkuasa. Ia membuat tawaran  damai dengan negara pulau itu, salah satunya menawarkan  proposal "satu negara, dua sistem".

Itu adalah salah satu usaha yang dilakukan Jiang, baik  sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis China, juga  sebagai presiden. Jiang juga dikenal dengan kebijakan  ekonominya -- mendorong reformasi pasar sekaligus  menjaga sistem politik dan sistem sosial China yang  konservatif.

Ekonomi China meledak di bawah kepemimpinannya.  Rata-rata tumbuh lebih dari 9 persen per tahun. China juga mendapatkan kembali kontrolnya atas Hong Kong pada  1997, kemudian Makau pada 1999. Kebanggan China sebagai  sebuah bangsa juga naik drastis pada tahun 2000, saat  negara itu terpilih menjadi tuan rumah Olimpiade 2008.

Setelah lengser dari jabatan presiden, Jiang seakan menghilang dari penglihatan publik, kecuali untuk acara-acara tertentu, itu pun sangat jarang. Musim panas  tahun ini, otoritas China membantah isu yang menyebut Jiang wafat di atas tempat  tidurnya. Rumor ini dipicu tak hadirnya Jiang dalam ulang tahun ke-90 partai Komunis.

Jang yang lahir pada 17 Agustus 1926 adalah pemimpin generasi ketiga di Republik Rakyat China setelah Mao Zedong dan Deng Xiaoping. Dia menjabat Sekretaris Jenderal Partai Komunis sejak 1989 hingga 2002 silam.

Pria yang dikenal dengan kebijakan anti korupsi yang keras tersebut, menjabat sebagai Presiden China pada tahun 1993 hingga 2003. (CNN | umi))

BYD Pamer Mobil Super Canggih, Bodinya Furutistik
Duel Persebaya Surabaya vs Persib Bandung

Lolos ke Championship Series, Persib Tatap Serius Laga Lawan Persebaya

Persib Bandung akan berhadapan dengan Persebaya Persebaya Surabaya dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024. Duel kedua tim digelar di Stadion Si Jalak Harupat

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024