Indonesia-Slovakia Jalin Kerjasama Pertanian

Pertanian
Sumber :
  • ANTARA/Hanif Burhani

VIVAnews – Hari ini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima kunjungan Presiden Slovakia Ivan Gasparovic. Dalam pertemuan tersebut, Yudhoyono mengusulkan 9 kerjasama bilateral. Kerjasama di bidang pertanian berada di urutan teratas.

“Suatu prakarsa yang baik, ada kehendak kerjasama antara Universitas Andalas dengan perusahaan di Slovakia untuk riset dan development bidang penanaman dan pengembangan gandum di Indonesia,” kata Yudhoyono di Istana Merdeka, Senin 10 Oktober 2011.

Menurutnya, kerjasama tersebut tergolong penting. “Kalau sukses akan meningkatakan food security dan pasti membawa manfaat yang riil bagi kedua belah pihak,” ujar Yudhoyono. Menurutnya, apabila kerjasama ini berhasil, maka 240 juta penduduk Indonesia yang selama ini selalu mengkonsumsi beras sebagai makanan utama, akan mempunyai panganan alternatif, yakni gandum.

Kedua, pemerintah juga mengusulkan kerjasama di bidang pengembangan energi terbarukan, yakni panas bumi dan energi hidro. Ketiga, kata Yudhoyono, Indonesia-Slovakia juga sepakat meningkatkan timbal-balik investasi antarkedua negara.

“Keempat, kerjasama di bidang perbankan, utamanya untuk kepentingan trade financing,” ujar Yudhoyono. Di samping itu, pemerintah juga mengusulkan kerjasama di bidang media massa, pendidikan, infrastruktur, pariwisata, dan sosial budaya. (sj)

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto

Jokowi Tunjuk Menko Airlangga Jadi Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD, Intip Tugasnya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, sebagai Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024