FOTO: PM Cantik Mengaku Korban Balas Dendam

Yulia Tymoshenko
Sumber :
  • Konstantin Chernichkin/REUTERS

VIVAnews -- Hakim Pengadilan Ukraina telah menjatuhkan vonis tujuh tahun penjara pada mantan Perdana Menteri Ukraina, Yulia Tymoshenko. Perempuan jelita itu dinyatakan bersalah atas penyalahgunaan kekuasaan terkait pengadaan kontrak proyek gas antara Ukraina dan Rusia pada 2009.

Hakim menyatakan bahwa Tymoshenko telah melampaui wewenang sebagai perdana menteri saat mengupayakan kontrak distribusi gas alam selama sepuluh tahun antara perusahaan milik negara, Naftogaz, dengan Rusia pada 2009. Menurut sebagian kalangan, kontrak itu justru menyebabkan Ukraina harus membayar gas lebih mahal.

Mendengar vonis hakim, Tymoshenko awalnya tersenyum. Namun, politisi cantik berusia 50 tahun itu kemudian berdiri dan berseru mengutuk "rezim otoriter" Presiden Viktor Yanukovich, yang merupakan seteru politiknya. Tymoshenko lalu menganggap pengadilan ini merupakan bukti bahwa sistem hukum di Ukraina telah direkayasa untuk kepentingan rezim yang tengah berkuasa. Ia merasa menjadi korban balas dendam.

Yulia sangat populer di Ukraina. Penampilannya glamor, dengan pidato berapi-api, ia adalah salah satu tokoh Revolusi Oranye pada 2004.

Lihat foto persidangan mantan PM Cantik di sini

Waketum Nasdem Ahmad Ali Datang ke Rumah Prabowo, Surya Paloh Sebut Ada Urusan Pilkada

(eh)

Evakuasi penemuan mayat. (Foto ilustrasi).

Izin Menginap di Kantor Polisi, Pria Tuban Ini Ternyata Baru Membunuh Istrinya

Warga Desa Pakis, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, digegerkan oleh aksi dugaan pembunuhan yang dilakukan oleh MO (64 tahun) terhadap istrinya sendiri, TA.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024