Malaysia: Jangan Terprovokasi Camar Bulan

Peta Kalimantan
Sumber :

VIVAnews -- Dua negeri bertetangga, Indonesia dan Malaysia kembali dipanaskan isu perbatasan. Kali ini tapal batas darat di Camar Bulan dan Tanjung Datu, Kalimantan Barat.

Isu bahwa Malaysia mencaplok dua wilayah RI menuai debat panas, bahkan warga daerah perbatasan di Sambas, Kalimantan Barat mendirikan posko-posko bela negara. Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta juga menjadi sasaran demo massa.

Bagaimana sikap Malaysia?

Pemerintah negeri jiran mengimbau mahasiswanya di Indonesia tidak terprovokasi dengan isu tersebut. Otoritas pendidikan Malaysia di Indonesia, Education Malaysia mengaku, imbauan itu dikeluarkan untuk mencegah potensi kekerasan terhadap para pelajar.

Atase pendidikan di Kedutaan Malaysia di Jakarta, Ludinata Misnun, memberi jaminan pada orang tua , bahwa pihaknya akan memonitor keselamatan dan kesejahteraan pelajar.

Dia menambahkan, pelajar Malaysia di Indonesia selalu diingatkan untuk tidak merespon provokasi apapun. Para pelajar juga diimbau tak bepergian sendirian, tapi berkelompok. Sebelum tengah malam mereka harus sudah pulang.

"Kami mendapatkan laporan dari mahasiswa kedokteran yang sedang praktek di sebuah rumah sakit. Mereka mengaku diprovokasi sejumlah dokter dan perawat. Sementara pelajar lainnya mengaku sakit hati dengan ulah para dosennya," kata Ludinata, seperti dimuat Bernama, Kamis 13 Oktober 2011.

Isu perbatasan dua negara mengemuka pasca ke luar klaim, bahwa Malaysia mencaplok lebih dari 1.000 hektar wilayah Indonesia di Kalimantan Barat.

Adalah Wakil Ketua Komisi I DPR, TB Hasanuddin yang menyatakan, ada patok yang digeser. akibat kelalaian tim ini indonesia akan kehilangan 1.490 ha di wilayah Camar Bulan, dan 800 m garis pantai di Tanjung Datu. Pernyataan tersebut dibantah pihak pemerintah.

Di Kuala Lumpur, Menteri Luar Negeri, Datuk Seri Anifah Aman dan Menlu RI, Marty Natalegawa menyatakan, tim bersama dibentuk untuk membereskan masalah ini. Patok yang berpindah -- baik oleh individu nakal atau bencana alam, akan segera diganti. (eh)

Menag Sebut Sidang Isbat Ruang Dialog Umat Islam karena Menyangkut Banyak Pihak
Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Demi Tugas Negara, Atlet Sepakbola dan Bulutangkis Indonesia Rela Lebaran di Negeri Orang

Atlet sepakbola dan bulutangkis Indonesia berjuang di negeri orang di saat momen Lebaran 2024. Ada tugas negara yang mengharuskan mereka jauh dari keluarga.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024