Dua Dokter Spanyol Diculik di Somalia

Kelaparan di Somalia
Sumber :
  • Foto: AP Photo/Farah Abdi Warsameh

VIVAnews - Dua dokter perempuan asal Spanyol diculik gerombolan bersenjata saat berada di kamp pengungsian Dadaab, Somalia, yang dekat dengan perbatasan Kenya. Kawasan itu dikenal rawan penculikan.

Kedua dokter itu bekerja untuk Medecins Sans Frontieres (MSF), sebuah lembaga sosial yang juga dikenal dengan sebutan Doktor Tanpa Perbatasan Negara (Doctors Wihout Border).

MSF menyebutkan, seorang sopir asal Kenya juga terluka saat penculikan terjadi. Saat ini, sopir tersebut dalam keadaan kritis dan dirawat di rumah sakit.

Aksi serangan para penculik terjadi di kamp Ifo, satu dari tiga area pengungsian di Dadaab. Kamp pengungsian Dadaab saat ini menampung sekitar 450 ribu orang yang mengungsi karena krisis makanan di kawasan Tanduk Afrika (Horn of Africa).

Presiden MSF Jose Antonio Bastos kemudian mengutuk aksi penculikan ini. "MSF pun terus melakukan komunikasi dengan pejabat terkait dan melakukan segala hal demi keselamatan kolega kami," kata Jose Antonio Bastos.

MSF juga telah membentuk tim untuk menangani penculikan ini. Tapi demi keselamatan doktor mereka, MSF tidak bersedia memberikan informasi mengenai langkah-langkah yang telah dilakukan tim tersebut.

Kepolisian Kenya sendiri mengaku terus mencari jejak para penculik dengan jalur darat dan udara. Perbatasan pun dijaga ketat untuk mencegah kaburnya para penculik melintasi perbatasan.

Kawasan perbatasan Somalia dengan Kenya memang rawan penculikan dalam beberapa minggu terakhir. Sebelumnya, dua perempuan asing juga diculik di kawasan itu, satu berkebangsaan Perancis dan satu lagi berkebangsaan Inggris.

Keamanan di sekitar Dadaab memang dikenal buruk dan rawan terjadi aksi bersenjata. Sejumlah pengungsi di Dadaab menyebut, bandit bersenjatakan AK 47 sering masuk ke pengungsian dan merampok barang-barang milik pengungsi.

Meski begitu, hingga saat ini belum diketahui siapa pihak yang bertanggung jawab atas aksi penculikan. Selama ini, kawasan selatan Somalia dikuasai oleh kelompok Al Shahab. Tapi Al Shahab selalu membantah terlibat aksi penculikan dan perampokan.

PBB telah mengumumkan bencana kelaparan di enam kawasan Somalia. Sebagian besar merupakan kawasan yang dikuasai Al-Shahab. | BBC

Celine Dion Ungkap Penyakit Langka yang Dideritanya: "Saya Berharap Ada Keajaiban"
Capres Anies Baswedan dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

Presiden PKS: Saatnya Pak Anies Mendukung Kader PKS untuk Maju di Pilkada DKI

Presiden PKS Ahmad Syaikhu berharap Anies Baswedan bisa membantu dan mendukung secara penuh kepada kader PKS yang akan maju di Pilkada DKI Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024