Tentara Kenya Usir Militan Somalia

Tentara Al-Shabaab di Somalia
Sumber :
  • REUTERS/Feisal Omar

VIVAnews - Kenya mengirim pasukan untuk mengusir kelompok militan Al-Shabaab dari dua markasnya dekat perbatasan Kenya-Somalia. Alasan pengiriman adalah karena Al-Shabaab dituding bertanggungjawab atas penculikan beberapa warga asing di Kenya.

"Kami melancarkan serangan udara di markas Al-Shabaab dekat Afmadow kemarin malam dan hari ini. Sekarang kami menuju Afmadow karena kelompok militan itu sedang menuju kesana," kata perwira militer senior Kenya, Abdi Yusuf, seperti dikutip dari Aljazeera, Minggu 16 Oktober 2011.

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya

Juru bicara militer Kenya Alfred Mutua mengkonfirmasi hal itu dengan mengatakan pasukannya sudah memasuki selatan Somalia untuk melakukan perlawanan.

Kewalahan menghadapi serbuan tentara Kenya, kelompok militan memiliki hubungan dengan jaringan Al-Qaeda ini menyerukan rakyat Somalia untuk juga memberi perlawanan. "Para tentara Kenya melanggar batas wilayah Somalia dengan masuk ke negara kita, namun bila Tuhan berkehendak, mereka akan keluar dengan tangan kosong," kata pemimpin senior, Al-Shabaab Sheikh Hassan Turki.

Menurut mereka, tentara Kenya adalah musuh haus darah yang melanggar batas wilayah sesuka hati. Oleh karena itu, wajar bila mereka meminta seluruh rakyat Somalia, terutama kaum militan, untuk bersatu mengusir para tentara.

Beberapa saksi mata melaporkan melihat tentara berseliweran di daerah perbatasan Kenya. Banyak tentara baru yang juga terlihat memasuki daerah perbatasan.

Song Hye Kyo dan Gong Yoo

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Penggemar drama Korea bersiaplah untuk menyambut kehadiran dua bintang top dalam sebuah kisah sejarah yang menggugah. Gong Yoo dan Song Hye Kyo, dua nama besar di Korea.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024